Pengembangan Literasi Sekolah Dalam Upaya Mengefektifkan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Covid- 19” (Studi Analisis MTs Negeri 5 Kabupaten Cirebon)

Fariz Aldi Dwi Rahmawan, (2024) Pengembangan Literasi Sekolah Dalam Upaya Mengefektifkan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Covid- 19” (Studi Analisis MTs Negeri 5 Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
1708104027_1_cover.pdf

Download (846kB)
[img] Text
1708104027_2_bab1.pdf

Download (521kB)
[img] Text
1708104027_6_bab5.pdf

Download (220kB)
[img] Text
1708104027_7_dafpus.pdf

Download (294kB)

Abstract

Dimulai dengan adanya wabah corona, covid- 19 atau di sebut virus corona. Covid 19 membawa dampak bagi bidang pendidikan, sehingga pemerintah membuat kebijakan kepada Kemendikbud agar pembelajaran selama masa covid-19 dilaksanakan di rumah. Saat itu situasi yang sedang tidak baik baik saja karena wabah covid 19 satuan pendidikan membuat kebijakan baru untuk siswa belajar dari rumah karena jika siswa tidak mengikuti pembelajaran nanti siswa bisa tertinggal dengan tugas sekolahnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengembangan literasi sekolah di MTs Negeri 5 Cirebon. 2) Pembelajaran jarak jauh di MTs Negeri 5 Cirebon. 3) Efektifitas pembelajaran jarak jauh di MTs Negeri 5 Cirebon. Pengembangan literasi identik dengan membaca, menulis, memahami suatu informasi. Sehingga siswa tidak serta merta dalam belajar guna mencari informasi sebagai acuan untuk hasil evaluasi belajar bagi pribadinya. Guru menerapkan pembelajaran kepada siswa untuk itu hal yang menjadi point- point dalam belajar kedepanya agar siswa mendapatkan transformasi yang baik. Karena pada masa pandemi covid- 19 tidak menutup kemungkinan untuk siswa agar tetap belajar. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) seperti pekerjaan rumah (PR) segala sesuatu yang berhubungan dengan belajar dikerjakan di rumah. batu loncatan ini merupakan tantangan bagi siswa di masa pandemi covid- 19 2020- 2021. Upaya�upaya MTs Negeri 5 Kabupaten Cirebon menerapkan efektivitas belajar, efesiensi belajar dengan pembelajaran Daring melalui media online. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif, penelitian kualitatif adalah teknik penelitian yang menggambarkan suatu objek, data tertulis atau lisan dari informan sebagai orang yang diamati sehingga hasil penelitian ini bersifat deskripstif. Kesimpulan yang didapatkan oleh hasil penelitian ini adalah pembelajaran yang dilaksanakan disekolah menggunakan pembelajaran jarak jauh dengan model pembelajaran pembiasaaan sehingga sebelum dimulai KBM siswa dapat mempelajari materi yang terjadwal. Namun pengembangan literasi belum maksimal karena masalah yang sederhana yaitu dari kendaraaan transportasi, sinyal yang tidak memadai, handphone (android) dan kuota internet. Karena pada dasarnya pembelajaran e-learning menggunakan android dan tidak semua murid memiliki android di MTs Negeri 5 Kabupaten Cirebon untuk itu guru berupaya untuk meminimalisir kelemahan siswa dengan pembelajaran yang efesien. Peneliti bertujuan untuk menganalisis kelemahan yang befokuskan pada pengembangan literasi sekolah. Kata Kunci : Pengembangan Literasi, Pembelajaran jarak jauh,Covid 19

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 10 Aug 2024 14:50
Last Modified: 10 Aug 2024 14:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14211

Actions (login required)

View Item View Item