Umi Solichah, (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Talun Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Text
1708104087_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
1708104087_2_bab1.pdf Download (368kB) |
|
Text
1708104087_6_bab5.pdf Download (220kB) |
|
Text
1708104087_7_dafpus.pdf Download (220kB) |
Abstract
Masa pandemi proses pendidikan tetap perlu dijalankan. Pemerintah menghimbau untuk pembelajaran yang semula dilakukan dengan tatap muka beralih menjadi pembelajaran non tatap muka (online). Diberlakukannya pembelajaran daring oleh pemerintah ini mengharuskan seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Efektivitas model pembelajaran daring di era pandemi covid-19. 2) Media yang digunakan agar pembelajaran daring di era pandemi covid-19 berjalan dengan baik. 3) Kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran daring di SMP Negeri 1Talun Kabupaten Cirebon. Pembelajaran daring untuk saat ini dapat menjadi solusi pembelajaran jarak jauh ketika terjadi bencana alam atau keadaan seperti social distancing. Perubahan yang tengah dialami oleh seluruh pihak yang terkait dalam penyelenggaraan pendidikan pada saat ini adalah bagaimana menggunakan teknologi secara total sebagai media utama dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa SMP Negeri 1 Talun. Teknik analisa data yang digunakan penelitian ini menggunakan analisa data deskriptif kualitatif model interaktif dari Milles dan Michael Huberman yang terdiri dari tiga jalur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pelaksanaan pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Talun belum sepenuhnya efektif, karena pada pelaksanaannya selama pembelajaran daring masih banyak guru yang hanya memberikan tugas saja tanpa mempersiapkan hal-hal yang menarik selama proses pembelajaran. Selama pembelajaran dari rumah SMP Negeri 1 Talun menggunakan media whatsapp sebagai penunjang pembelajaran, karena hampir semua guru dan siswa memiliki aplikasi tersebut. Kelebihan pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Talun adalah melatih kemandirian siswa dalam belajar, waktu belajar jadi lebih fleksibel bisa dmana saja dan kapan saja, menambah wawasan bagi siswa tentang penggunaan teknologi dan mengurangi biaya atau ongkos untuk berangkat ke sekolah. Adapun kelemahan pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Talun adalah terbaginya fokus siswa , jaringan yang tidak stabil, banyaknya tugas yang diberikan oleh guru, menurunnya pemahaman siswa dan keluhan-keluhan orang tua siswa yang ingin anaknya segera belajar secara tatap muka. Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Daring, Era Pandemi
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 10 Aug 2024 15:11 |
Last Modified: | 10 Aug 2024 15:11 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14214 |
Actions (login required)
View Item |