Penerapan Metode Pemberian Tugas (Recitation) Dalam Pembelajaran IPS Di MTs Bani Karim Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan

ANNISA NUR KHALIPAH, (2024) Penerapan Metode Pemberian Tugas (Recitation) Dalam Pembelajaran IPS Di MTs Bani Karim Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan. Bachelor thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
1708104147_1_cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
1708104147_2_bab1.pdf

Download (153kB)
[img] Text
1708104147_6_bab5.pdf

Download (79kB)
[img] Text
1708104147_7_dafpus.pdf

Download (91kB)

Abstract

Pembelajaran merupakan unsur penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan dapat berkompetisi di era global. Dimana tugas seorang guru sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan,dimana tugas seorang guru salah satunya menyampaikan pengetahuan yang dimiliki, sehingga siswa dapat memahami dan mengerti apa yang disampaikan dengan itu guru bisa menggunakan sebuah Metode di dalam pembelajaran berlangsung. Pemberian tugas yang dilakukan oleh guru mata pelajaran adalah cara efektif dalam proses pembelajaran karena dengan hal itu tujuan pembelajaran lebih mudah tercapai. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan pemberian tugas (Recitation), untuk mengetahui respon siswa dan serta untuk mengetahui faktor�faktor yang mempengaruhi pemberian tugas (Resitation) dalam pembelajaran IPS di MTs Bani Karim Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan. Metode Pemberian Tugas menjadi diterapkan di MTs Bani Karim Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan dengan tujuan untuk mengembangkan pemahaman dan keterampilan siswa. guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempersiapkan materi pembelajaran yang kemudian memberikan akses kepada siswa guna meningkatkan pemahaman yang dimilikinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjeknya pemberian tugas beberapa sample seperti Guru IPS, wali kelas dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan studi pustaka. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan bahan referensi. Hasil penelitian yaitu 1) pemberian tugas kepada siswa berupa tugas kelompok dan individu untuk siswa, 2) respon siswa begitu positif dalam melaksanakan tugas dan metode yang digunakan guru karena dapat meningkatkan antusias siswa dan pemberian tugas dalam proses pembelajaran yang menjadikan pembelajaran tersebut efektif dalam pelaksanaannya, 3) faktor-faktor yang mempengaruhi pemberian tugas ini dapat dibagi menjadi dua baik faktor internal yang berasal dari dalam maupun faktor eksternal. Faktor dalam meliputi kemampuan peserta didik yang ketika diasah dengan tugas maka akan menghasilkan kemampuan akademik dan non akademik yang dimiliki oleh mereka. Sedangkan faktor eksternal yaitu karena kurikulum yang dipelajari mereka menuntut mereka agar tetap dapat menyesuaikan diri agar tidak ikut tertinggal dalam hal menambah wawasan. Kata Kunci: Metode, Recitation, IPS

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 10 Aug 2024 15:17
Last Modified: 10 Aug 2024 15:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14215

Actions (login required)

View Item View Item