Penerapan Strategi Pemasaran Berbasis Information, Communication And Technolohy (ICT) dalam Meningkatan Daya Jual UMKM Tape Ketan di Desa Picungpugur.

Alfiqri Maulana, (2024) Penerapan Strategi Pemasaran Berbasis Information, Communication And Technolohy (ICT) dalam Meningkatan Daya Jual UMKM Tape Ketan di Desa Picungpugur. Bachelor thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
1908104112_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908104112_2_bab1.pdf

Download (346kB)
[img] Text
1908104112_6_bab5.pdf

Download (87kB)
[img] Text
1908104112_7_dafpus.pdf

Download (170kB)

Abstract

Penggunaan Information Communication and Technology (ICT) dalam era digital bisa diterapkan dalam hal apapun. Tetapi penerapan strategi pemasaran informasi komunikasi dan teknologi pada UMKM masih kurang memanfaatkan secara maksimal dan belum bisa dioptimalkan secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang perencanaan strategi pemasaran ICT pada sektor usaha tape ketan, fungsi ICT pada sektor usaha tape ketan, penerapan ICT pada sektor usaha tape ketan dan juga hasil daya jual dari penerapan strategi pemasaran ICT pada sektor usaha tape ketan yang ada di Desa Picungpugur Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon. Penerapan strategi pemasaran berbasis ICT bertujuan untuk mendongkrak daya jual produk UMKM dengan memanfaatkan jangkauan internet yang tidak terbatas, memangkas konsumsi energi, dan mengurangi biaya promosi. Hasilnya, promosi dan kemampuan menjual produk menjadi lebih mudah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis penelitian ini merupakan penelitian terapan yaitu participation action research (PAR). Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.. Teknik analisis data menggunakan model analisis data Miles dan Huberman melalui model ini terdapat empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pemasaran berbasis Information Communication and Technology (ICT) dapat meningkatkan daya jual produk jika digunakan dengan perencanaan yang baik, digunakan sesuai fungsinya dan juga diterapkan dengan baik akan menghasilkan hasil yang baik. Kata kunci: Pemasaran, Informsi, Teknologi

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Aug 2024 02:28
Last Modified: 11 Aug 2024 02:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14221

Actions (login required)

View Item View Item