PERANAN SISWA KELAS IX PADA STRATEGI BERWIRAUSAHA BERBASIS SOCIOPRENEUR DI KOPERASI SEKOLAH SMP NEGERI 17 KOTA CIREBON

ARDELIA HERTANTI, (2024) PERANAN SISWA KELAS IX PADA STRATEGI BERWIRAUSAHA BERBASIS SOCIOPRENEUR DI KOPERASI SEKOLAH SMP NEGERI 17 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
1908104145_1_cover.pdf

Download (743kB)
[img] Text
1908104145_2_bab1.pdf

Download (459kB)
[img] Text
1908104145_6_bab5.pdf

Download (246kB)
[img] Text
1908104145_7_dafpus.pdf

Download (466kB)

Abstract

Peran siswa yang masih rendah dalam mengembangkan kemampuan dirinya terutama dalam berwirausaha berbasis Socioprenuer, Siswa menjadi bagian penting dalam proses pendidikan di sekolah, siswa menjadi subjek utama dalam dunia pendidikan sehingga diharapkan pendidikan dapat mengoptimalkan seluruh kemampuan siswa baik dalam kemampuan kognitif, psikomotorik maupun afektifnya. Salah satu peranan yang cukup penting guna membangun kemandirian peserta didik ialah kemampuan dalam berwirausaha dengan tetap memperhatikan nilai-nilai sosial yang berlaku di masyarakat. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana Bagaimana penerapan strategi berwirausaha pada Sociopreneur di koperasi sekolah SMP Negeri 17 Kota Cirebon, serta untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi peran siswa dan peranan siswa berwirausaha berbasis Sociopreneur di Koperasi Sekolah SMP Negeri 17 Kota Cirebo. Strategi berwirausaha berbasis Socioprenuer menjadi bagian penting dalam mengatasi berbagai masalah di masyarakat dengan tetap memperhatikan nilai-nilai sosial yang berlaku, maka peranan siswa sebagai generasi bangsa dalam memajukan perekonomian bangsa berdasarkan kepada socioprenuer menjadi bagian yang tidak dapat luput. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif. Dengan sampel penelitian yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan, Kepala Koperasi SMPN 17 Kota Cirebon, Anggota Koperasi SMPN 17 Kota Cirebon dan Siswa Siswi SMPN 17 Kota Cirebon. Teknik pengumpulan data dan instrument yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentari teknik analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Teknik keabsahan data berupa perluasan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi. Hasil penelitian ini 1) penerapan strategi berwirausaha berbasis socioprenuer ini dilakukan dengan membuat program berupa seminar, pelatihan, proyek yang mendukung pengetahuan dan keterampilan siswa dalam berwirausaha berbasis Socioprenuer, 2) faktor yang mempengaruhi peran siswa yaitu dibagi menjadi dua faktor pendukung yaitu tujuan yang hendak dicapai seperti kemandirian, bekerjasama, rasa tanggung jawab pada siswa sedangkan faktor penghambat berupa minat siswa yang kurang stabil dan SDM yang kurang mempuni dalam mengembangkan koperasi sekolah, 3) peran siswa dalam koperasi SMPN 17 Kota Cirebon ini yaitu dalam mengelola, mengembangkan produk, dan memasarkan produk serta aktif dalam keanggotaan koperasi di SMPN 17 Kota Cirebon. Maka peranan siswa pada strategi berwirausaha berbasis socioprenuer di Koperasi sekolah SMPN 17 Kota Cirebon memiliki peranan yang penting. Kata Kunci : Siswa, Berwirausaha, Koperasi

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Aug 2024 02:44
Last Modified: 11 Aug 2024 02:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14225

Actions (login required)

View Item View Item