DENOK WULAN, (2024) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK GUNA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS NU PUTRI 3 BUNTET PESANTREN CIREBON. Bachelor thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Text
2008104013_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2008104013_2_bab1.pdf Download (383kB) |
|
Text
2008104013_6_bab5.pdf Download (304kB) |
|
Text
2008104013_7_dafpus.pdf Download (371kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini ditandai dengan adanya beberapa gejala seperti tidak adanya gairah, rasa ketertarikan dan perasaan suka dalam melakukan proses pembelajaran. Kesulitan dalam belajar IPS lebih disebabkan oleh kurangnya minat baca siswa, karena terbiasa pembelajaran yang berpusat kepada guru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui minat belajar siswa pada pembelajaran IPS, respon siswa saat guru menerapkan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPS serta untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa setelah guru menerapkan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPS di MTs NU Putri 3 Buntet Pesantren Cirebon. Minat belajar siswa sering kali menjadi permasalahan dalam pembelajaran, dikarenakan belum optimalnya upaya guru untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam berpikir kritis. Kurangnya minat belajar pada siswa dapat menyebabkan kurang maksimalnya hasil belajar siswa. Dengan penerapan pendekatan saintifik diharapkan siswa mendapat kebebasan untuk mencari informasi lebih mendalam, dapat mencari informasi dari mana pun, dan bukan hanya bergantung kepada penjelasan guru. Karena metode pendekatan saintifik ini memiliki kelebihan dalam melibatkan siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru IPS, waka kurikulum dan siswa kelas VIII. Observasi pada penelitian ini dilaksanakan pada kegiatan pembelajaran IPS kelas VIII A di MTs NU putri 3 Buntet Pesantren Cirebon.Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Minat belajar siswa terhadap pembelajaran IPS di MTs NU Putri 3 Buntet Pesantren Cirebon sudah cukup baik, hal tersebut dapat dilihat dari adanya kemauan siswa dalam belajar serta adanya perhatian siswa pada saat melakukan pembelajaran. 2) Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPS dapat mendorong siswa untuk dapat turut aktif dalam proses pembelajaran. Siswa diminta untuk belajar sambil berbuat, artinya tidak hanya berfokus pada penjelasan guru saja, melainkan siswa diminta untuk dapat berkreatifitas dan berpikir kritis. 3) Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Saintifik dapat dilihat dari keantusiasan siswa dalam mengikuti pembelajaran, adanya ketertarikan, perhatian, motivasi dan pengetahuan yang diraih oleh siswa. Kata Kunci : Saintifik, Minat Belajar, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 11 Aug 2024 04:04 |
Last Modified: | 11 Aug 2024 04:04 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14232 |
Actions (login required)
View Item |