Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Pengendalian Diri Siswa Di SMPN 2 Plered Kabupaten Cirebon.

‘Aina Salsabila, (2024) Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Pengendalian Diri Siswa Di SMPN 2 Plered Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
2008104023_1_cover.pdf

Download (769kB)
[img] Text
2008104023_2_bab1.pdf

Download (163kB)
[img] Text
2008104023_6_bab5.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2008104023_7_dafpus.pdf

Download (161kB)

Abstract

Saat ini pendidikan Indonesia tengah menghadapi permasalahan yang begitu kompleks. Munculnya feomena penurunan moral pada siswa, yang ditandai dengan meningkatnya kasus tawuran, pelecehan seksual, penyalahgunaan narkoba dan masih banyak lagi. Hal ini seharusnya menjadi peringatan bagi kita semua untuk bersama-sama sadar akan pentingnya memperkuat kembali nilai-nilai moral dalam masyarakat. Salah satu langkah yang dapat dilakukan yaitu dengan mengoptimalkan implementasi pendidikan yang menekankan pada aspek spiritual dalam pendidikan siswa. Hal ini harus diperhatikan agar generasi muda dapat memahami dan menghargai etika dan moral dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kecerdasan spiritual dan pengendalian diri siswa serta membuktikan apakah adanya pengaruh kecerdasan spiritual terhadap pengendalian diri siswa di SMP Negeri 2 Plered Kabupaten Cirebon. Dalam kerangka berfikir menunjukan bahwa kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang menyikapi dan memecahkan masalah dengan makna juga nilai, serta menjadikan acuan berperilaku dalam kehidupan manusia. Kecerdasan spiritual ini mengevaluasi apakah perilaku atau gaya hidup seseorang lebih bermakna atau bermanfaat dengan menemukan nilai-nilai baru. Pengertian pengendalian diri atau self control merupakan kemampuan diri dalam mengendalikan perilaku untuk mencapai tujuan tertentu. Seorang individu dengan pengendalian diri yang baik dapat memahami benar konsekuensi akibat tindakan yang mereka lakukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif kuantitatif adalah penelitian yang menggambarkan variabel secara apa adanya didukung dengan data-data berupa angka yang dihasilkan dari keadaan sebenarnya. Populasi penelitian yang digunakan sebanyak 39 siswa yang terdiri dari siswa-siswi kelas VIII. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu berupa angket dan diukur dengan menggunakan skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kecerdasan spiritual sisiwa di SMPN 2 plered Kabupaten Cirebon masuk dalam katagori sangat baik dengan prosentase 81,41%. Kemudian pengendalian diri siswa di SMPN 2 Plered Kabupaten Cirebon masuk dalam katagori baik dengan prosentase 72%. Maka berdasarkan output yang telah didapat yaitu nilai sig. lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,032 < 0,05 dan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 2,233 > 2,026d dengan ini Ho ditolak dan Ha diterima bahwa ”Kecerdasan Spiritual Berpengaruh Positif dan Signifikansi Terhadap Pengendalia Diri Siswa”, artinya semakin tinggi kecerdasan spiritual siswa, maka pengendalian dirinya juga akan semakin meningkat. Kata Kunci:Kecerdasan Spiritual,Pengendalian Diri,Siswa

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Aug 2024 04:10
Last Modified: 11 Aug 2024 04:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14233

Actions (login required)

View Item View Item