Vivin Fujianti, (2024) Penerapan Edupreneurship Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Berbasis Kearifan Lokal (Studi Deskriptif Di Kelas Viii Smp Negeri 1 Astanajapura Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Text
2008104042_1_cover.pdf Download (723kB) |
|
Text
2008104042_2_bab1.pdf Download (335kB) |
|
Text
2008104042_6_bab5.pdf Download (128kB) |
|
Text
2008104042_7_dafpus.pdf Download (272kB) |
Abstract
Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan bagian dari tahapan pembelajaran dalam kurikulum merdeka yang berbasis pembelajaran proyek. Namun dalam proses pelaksanaan kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila ada beberapa masalah yang peneliti temukan bahwa kesiapan sekolah kurang maksimal dalam melaksanakan kegiatan P5, siswa kurang mencoba dalam berwirausaha. Sehingga belum bisa menghasilkan suatu proyek wirausaha, siswa juga kurang antusias dalam kegiatan P5. Selain itu, mereka hanya mau mengikuti arahan yang diberikan oleh guru sehingga kurangnya inisiatif siswa dan masih rendahnya rasa ingin tahu siswa. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi edupreneurship serta penerapan edupreneurship melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila berbasis kearifan lokal. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan eduprenuership. Peneliti mendeskripsikan edupreneurship sebagai gabungan antara pendidikan dan kewirausahaan, serta menjelaskan projek penguatan profil pelajar Pancasila dan kearifan lokal. Selain itu, peneliti menguraikan pemahaman siswa tentang edupreneurship dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat penerapan melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yang terdiri dari Kepala Sekolah, Wakepsek bidang Kurikulum, Guru, dan siswa-siswi kelas delapan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan menggunakan tehnik analisis data yang mencakup reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan dari uraian yang diberikan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan edupreneurship melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa terhadap konsep kewirausahaan. Siswa mampu mengintegrasikan keterampilan kewirausahaan dengan nilai-nilai Pancasila. Mereka juga menunjukkan peningkatan dalam keterampilan praktis seperti perencanaan bisnis, pengelolaan keuangan, pemasaran, dan kerjasama tim. Selain itu, siswa menjadi lebih percaya diri dan termotivasi untuk terus belajar dan mengembangkan diri dalam bidang kewirausahaan. Kata Kunci: Edupreneurship, Projek, Kearifan Lokal
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 11 Aug 2024 04:35 |
Last Modified: | 11 Aug 2024 04:35 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14238 |
Actions (login required)
View Item |