Nur Shinta Amelyan, (2024) Pengaruh Gender Siswa dalam Mendapatkan Afeksi Guru Pada Proses Pembelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Plered Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Text
2008104047_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2008104047_2_bab1.pdf Download (656kB) |
|
Text
2008104047_6_bab5.pdf Download (586kB) |
|
Text
2008104047_7_dafpus.pdf Download (562kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena terdapat siswa yang kurang berpartisipasi aktif pada proses pembelajaran IPS, pembelajaran didominasi oleh salah satu gender siswa sehingga afeksi guru bimbingan dan dukungan cenderung kepada siswa yang lebih aktif dalam pembelajaran. Hal ini menujukkan bahwa siswa tidak mendapatkan dukungan yang setara dari guru. Sehingga pentingnya penelitain ini untuk memberikan pengetahuan dasar tentang kesetaraan gender dan agar siswa tidak mengalami bias gender. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gender siswa dalam mendapatkan afeksi guru di kelas VIII SMP Negeri 1 Plered dan untuk mengetahui pengaruh gender siswa pada proses pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Plered. Kesetaraan gender adalah prinsip yang menekankan pentingnya perlakuan yang sama dan adil terhadap individu, tanpa memandang jenis kelamin mereka. Prinsip ini berusaha menghilangkan diskriminasi, ketidaksetaraan, dan stereotipe yang mungkin muncul berdasarkan jenis kelamin. Kompetensi afektif guru, dipersyaratkan memiliki sikap pengendalian diri yang kuat terhadap situasi yang dihadapi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam peneitian ini 222 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Plered dengan sampel penelitian yang diambil menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 49 siswa dari kelas VIII F dan kelas VIII D. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan studi dokumen. Kemudian dalam teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji presentase, uji asumsi dan pengajuan hipotesis. Hasil penelitian ini presentase variabel gender siswa (X) diperoleh dengan skor 73,63 % telrgolong pada katelgori baik, variabel afeksi guru (Y1) diperoleh dengan skor 81,25% telrgolong pada katelgori sangat baik, variabel Pembelajaran IPS (Y2) diperoleh dengan skor 86,00 % telrgolong pada katelgori sangat baik. Belrdasarkan hasil pelnellitian di atas, belrdasarkan nilai t : dikeltahuli thitulng selbelsar 3,131 > ttabell 2,012 selhingga dapat disimpullkan bahwa variabell gelndelr siswa (X) belrpelngarulh telrhadap variabell Afelksi Gulrul (Y1) dari hasil pelnguljian hipotelsis telrselbult telrbulkti bahwa ”telrdapat pelngarulh gelndelr siswa telrhadap afelksi gulrul”. Belrdasarkan hasil pelnellitian di atas, belrdasarkan nilai t : dikeltahuli thitulng selbelsar 2,206 > ttabell 2,012 selhingga dapat disimpullkan bahwa variabell gelndelr Siswa (X) belrpelngarulh telrhadap variabell pelmbellajaran IPS (Y2) dari hasil pelnguljian hipotelsis telrselbult telrbulkti bahwa ”telrdapat pelngarulh gelndelr siswa telrhadap pelmbellajaran IPS”. Kata Kunci: Gender, Afeksi Guru, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 11 Aug 2024 04:40 |
Last Modified: | 11 Aug 2024 04:40 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14240 |
Actions (login required)
View Item |