Pengembangan Media Dadu And The Box Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Awal Pada Anak Usia Dini Di Ra AnNawaa 2 Kabupaten Cirebon.

NURAZIZAH, (2024) Pengembangan Media Dadu And The Box Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Awal Pada Anak Usia Dini Di Ra AnNawaa 2 Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
1908108001_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1908108001_2_bab1.pdf

Download (600kB)
[img] Text
1908108001_6_bab5.pdf

Download (382kB)
[img] Text
1908108001_7_dafpus.pdf

Download (517kB)

Abstract

Kemampuan matematika awal ialah bagian dari aspek perkembangan kognitif. Kemampuan matematika awal anak merupakan hal yang sangat penting bagi anak, karena memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan matematika awal pada anak usia 5-6 tahun. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan matematika awal pada anak, menjelaskan pengembangan media Dadu And The Box pada anak dan memaparkan kelayakan media Dadu And The Box untuk meningkatkan kemampuan matematika awal anak usia 5-6 tahun di RA An-Nawaa 2 Kabupaten Cirebon. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian Research and Development (RnD). Desain pengembangan ini dalam prosedur akhir pada dasarnya akan menghasilkan sebuah produk berupa media Dadu And The Box untuk meningkatkan kemampuan matematika permulaan untuk anak usia dini di kelompok B1. Penelitian dalam mengembangakan produk ini menggunakan prosedur pengembangan yang dipelopori oleh model penelitian dan pengembangan ADDIE, terdiri dari lima tahapan yang meliputi, analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media Dadu And The Box di kelompok B1 sudah layak digunakan dalam pembelajaran. Media Dadu And The Box melalui tiga tahap validasi: tahap pertama validasi kepada ahli materi mendapatkan hasil persentase akhir 100%, tahap kedua validasi kepada ahli media mendapatkan hasil persentase akhir 97%, tahap ketiga validasi kepada ahli pengguna (kepala sekolah mendapatkan hasil persentase 87% dan guru mendapatkan hasil persentase 77%). Adanya penggunaan media pembelajaran pada saat pembelajaran matematika awal di RA An-Nawaa 2 Kabupaten Cirebon ketika dilakukannya uji coba terbatas sebanyak dua tahap terlihat tingkat capaian kemampuan matematika awal anak meningkat menjadi 89%. Hal tersebut terlihat dari antusias anak-anak yang penasaran dan ingin mencoba media Dadu And The Box sehingga anak-anak semakin semangat saat menggunakan media Dadu And The Box dalam proses pembelajaran matematika awal berlangsung. Kata Kunci : Media Dadu And Box, Matematika Awal, Anak usia dini

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 12 Aug 2024 02:24
Last Modified: 12 Aug 2024 02:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14254

Actions (login required)

View Item View Item