Pengembangan Modul Storytelling Moderasi Beragama Untuk Menanamkan Sikap Toleransi Anak di TK Ampera Cirebon.

MUCHAMMAD NAJIICH, (2024) Pengembangan Modul Storytelling Moderasi Beragama Untuk Menanamkan Sikap Toleransi Anak di TK Ampera Cirebon. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
2008108019_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008108019_2_bab1.pdf

Download (246kB)
[img] Text
2008108019_6_bab5.pdf

Download (134kB)
[img] Text
2008108019_7_dafpus.pdf

Download (285kB)

Abstract

Pengenalan toleransi pada anak usia dini penting dilakukan sejak dini melalui berbagai upaya yang dilakukan oleh guru. Kurangnya materi pembelajaran yang dapat mendukung anak-anak di TK Ampera Cirebon dalam mengembangkan toleransi menjadi pendorong penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul storytelling yang dapat meningkatkan toleransi anak. Penelitian ini menggunakan teknik Research and Development (RnD) dengan model ADDIE. Kuesioner yang digunakan untuk pengumpulan data meliputi penilaian pengguna serta instrumen proses validasi yang diisi oleh ahli materi, bahasa, dan media. Untuk menilai kelayakan media, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk persentase yang dijelaskan dengan menggunakan analisis deskriptif. Lima langkah proses penelitian ini adalah ‘1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, dan 5) Evaluasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa setelah pengujian modul hingga 90%, anak kelompok B di TK Ampera Cirebon yang berusia 5 dan 6 tahun memiliki tingkat pertumbuhan sikap toleransi yang lebih tinggi. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa validasi ahli materi, bahasa dan media memperoleh persentase sebesar 90%. Sementara hasil uji coba oleh pengguna 1 sebesar 87% dan pengguna 2 sebesar 91%. Pencapaian sikap toleransi anak pada penggunaan modul storytelling moderasi beragama sebesar 76 % dengan kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa anak-anak tertentu mampu menunjukkan sikap toleransi yang kuat dalam lingkungan sekolah mereka. Kontribusi dari modul storytelling dalam meningkatkan sikap toleransi pada anak menjadi semakin nyata. Dengan memanfaatkan modul tersebut, anak-anak dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya toleransi terhadap perbedaan, serta memperkuat keterampilan mereka dalam menghadapi dan menghormati keragaman dalam masyarakat. Oleh karena itu, modul storytelling bukan hanya menjadi alat pembelajaran yang efektif, tetapi juga merupakan kontribusi yang berharga dalam membentuk karakter dan sikap anak-anak yang lebih inklusif dan toleran. Kata Kunci: Bercerita, Toleransi, Anak Usia Dini

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 12 Aug 2024 02:52
Last Modified: 12 Aug 2024 02:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14266

Actions (login required)

View Item View Item