SRI HETI, (2024) Pengembangan Buku Cerita Digital Untuk Menanamkan Karakter Empati Pada Anak Usia Dini Di RA Al-Kariim Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Text
2008108041_1_cover.pdf Download (832kB) |
|
Text
2008108041_2_bab1.pdf Download (428kB) |
|
Text
2008108041_6_bab5.pdf Download (293kB) |
|
Text
2008108041_7_dafpus.pdf Download (560kB) |
Abstract
Upaya menanamkan empati yang dilakukan oleh guru-guru di RA Al- Kariim menggunakan metode ceramah atau nasihat, bercerita, dan ketauladanan yang disampaikan secara lisan tanpa media pendukung. Namun, cara ini kurang efektif dikarenakan tidak semua anak dapat memahami apa yang disampaikan oleh gurunya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya media yang mendukung dalam proses pembelajaran, terutama untuk menanamkan karakter empati. Minimnya pemahaman empati pada anak-anak menimbulkan aksi perundungan atau bullying. Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan karakter empati pada anak usia dini melalui penggunaan media buku cerita digital di kelompok 0B RA Al-Kariim Kabupaten Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian jenis pengembangan atau R&D. jenis metode pengembanagn ini menggunakan model Borg and Gall yang memiliki 10 tahapan pengembangan. Namun peneliti membatasi tahap pengembangan produk menjadi hanya 8 tahapan saja. Hal ini dikarenakan produk akan diuji cobakan dalam skala kecil juga karena keterbatasan waktu. Subjek penelitian ini terdiri dari 9 anak kelompok 0B. Data didapatkan melalui hasil observasi, wawancara, mengisi angket, dan dokumentasi sebagai bukti pendukung. Selanjutnya, data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif Hasil dari penelitian ini dapat diketahui berdasarkan hasil validasi para ahli. Hasil validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 94% dengan kategori "Sangat Layak" dan hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 88% dengan kategori "Sangat Layak". Hasil respons kelayakan guru kelas kelompok 0B memperoleh skor 86% dan hasil respons dari guru pendamping memperoleh skor 84% dengan kategori “Sangat Layak”. Kemudian terdapat hasil respons tambahan dari 9 orang tua murid memperoleh rata-rata skor 77,2% dengan kategori “Layak”. Keberhasilan media dalam menanamkan empati pada anak dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan empati anak sebelum menggunakan media memiliki skor rata-rata 27,25% dengan kategori MB dengan hasil kondisi empati pada anak setelah menggunakan media memperoleh skor rata-rata 53,61% dengan kategori BSH. Kata Kunci: Empati, Sosial Emosional, Media , Peduli.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 03:17 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 03:17 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14277 |
Actions (login required)
View Item |