Implementasi Pembelajaran Sensitif Gender pada Anak Usia Dini di RA Patih Semi Kecamatan Kaliwedi.

Atik Istiqomatul Hayati, (2024) Implementasi Pembelajaran Sensitif Gender pada Anak Usia Dini di RA Patih Semi Kecamatan Kaliwedi. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
2008108044_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008108044_2_bab1.pdf

Download (171kB)
[img] Text
2008108044_6_bab5.pdf

Download (108kB)
[img] Text
2008108044_7_dafpus.pdf

Download (213kB)

Abstract

Pendidikan gender pada anak usia dini adalah upaya penting untuk memperkenalkan konsep-konsep dasar tentang perbedaan gender, kesetaraan, dan penghargaan terhadap keberagaman kepada anak-anak sejak dini yang bertujuan untuk membentuk sikap inklusif, pemahaman yang benar tentang peran gender, serta menghindari stereotip dan diskriminasi gender di kemudian hari. Peneliti melakukan observasi di RA Patih Semi dan menemukan beberapa perlakuan dari para praktisi pendidikan yang secara tidak sadar dapat menyebabkan ketidaksetaraan gender antara anak laki-laki dan perempuan. Hal tersebut disebabkan oleh masih tabunya pembahasan tentang gender di kalangan masyarakat umum sehingga mengakibatkan banyak kekeliruan teori maupun praktik. Peneliti kemudian mengkaji bagaimana sensitivitas gender pada anak didik di RA Patih Semi sebagai refleksi dari pembelajaran yang didapatkan di lembaga. Penelitian ini mengadopsi jenis penelitian kualitatif deskriptif sesuai dengan konsep yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, dimana kegiatan analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan terus menerus diterapkan hingga akhir ketika data sudah jenuh. Dimana analisis data yang dilakukan bertujuan untuk megetahui bagaimana implementasi pembelajaran anak usia dini di RA Patih Semi Kecamatan Kaliwedi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa RA Patih Semi telah menunjukkan kemajuan yang memuaskan dalam aspek sosial anak usia dini, meskipun masih dihadapkan pada beberapa tantangan. Meskipun ada upaya dalam menyampaikan materi pembelajaran sesuai dengan tema yang berlaku, implementasinya masih dipengaruhi oleh stereotip gender dalam gaya belajar yang tercermin dari lingkungan yang masih mengadopsi budaya lama. Secara Perlahan para guru berusaha untuk memberikan pendidikan yang inklusif dan sensitif gender demi membangun kepribadian anak-anak yang lebih baik. Kata Kunci: Pembelajaran, Gender, Anak Usia Dini

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:23
Last Modified: 12 Aug 2024 03:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14278

Actions (login required)

View Item View Item