Evaluasi Layanan Kesehatan, Gizi, dan Perawatan Pada Program PAUD Holistik Integratif Menggunakan Model CIPP di Desa Lengkong Wetan Kabupaten Majalengka.

SYINTHA VANDHORA, (2024) Evaluasi Layanan Kesehatan, Gizi, dan Perawatan Pada Program PAUD Holistik Integratif Menggunakan Model CIPP di Desa Lengkong Wetan Kabupaten Majalengka. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
2008108046_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008108046_2_bab1.pdf

Download (754kB)
[img] Text
2008108046_6_bab5.pdf

Download (466kB)
[img] Text
2008108046_7_dafpus.pdf

Download (560kB)

Abstract

Holistik Integratif merupakan suatu upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam seperti kebutuhan akan rangsangan pendidikan, kesehatan, gizi serta perawatan, pengasuhan, layanan perlindungan dan kesejahteraan anak. Pada program PAUD Holistik Integratif khususnya ada layanan kesehatan, gizi dan perawatan juga perlu dievaluasi agar mengetahui sejauh mana kegiatan tersebut dilaksanakan, serta untuk memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kegiatan yang telah dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi PAUD Holistik Integratif khususnya pada layanan kesehatan, gizi dan perawatan yang telah diterapkan di TK Tarbiyatul Aulad dan RA Azahra Bina Insani. Dengan mengevaluasi context input untuk mengetahui siapa saja yang terlibat dalam terlaksananya kegiatan kesehatan tersebut, lalu untuk mengevaluasi process yang dimana untuk mengetahui upaya para guru dalam menerapkan layanan kesehatan kepada anak-anak dan yang terakhir ada evaluasi product dalam kepemilikian buku kendali kesehatan utnuk menilai dan mencatat pertumbuhan para siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif evaluatif, dengan menggunakan Model Evaluasi CIPP. Subyek penelitiannya yaitu Kepala sekolah, guru, bidan, dan orangtua siswa. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa di TK Tarbiyatul Aulad dan RA Azahra Bina Insani yang berada di Desa Lengkong Wetan Kabupaten Majalengka ini sudah sama-sama menerapkan kegiatan layanan kesehatan, gizi dan perawatan seperti melakukan pemeriksaan Tumbuh Kembang Anak, dan pemberian gizi seimbang seperti pemberian makanan tambahan yang dilakukan oleh TK Tarbiyatul Aulad, lalu di TK Tarbiyatul Aulad dan RA Azahra Bina Insani ini juga melakukan kegiatan pemberian obat cacing. Kata Kunci : Evaluasi, PAUD, Holistik Integratif

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:29
Last Modified: 12 Aug 2024 03:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14280

Actions (login required)

View Item View Item