Pengaruh Metode Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Qur’an Kayuwalang Kota Cirebon

Shopaa Nuurul Badriyyah, (2024) Pengaruh Metode Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Qur’an Kayuwalang Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008101004_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008101004_2_bab1.pdf

Download (346kB)
[img] Text
2008101004_6_bab5.pdf

Download (156kB)
[img] Text
2008101004_7_dafpus.pdf

Download (234kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca AlQur’an, ditandai dengan tingkat fashohat dan tartil sesuai kaidah tajwid belum sepenuhnya baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMPIT Qur’an Kayuwalang Kota Cirebon melalui metode Ummi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain one shoot study case. Siswa kelas VIII SMPIT Qur'an Kayuwalang sebagai sampel melalui teknik pengambilan sampel berupa Sampel Jenuh. Data penelitian ini diperoleh melalui angket, uji kemampuan membaca Al-Qur’an, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji korelasi "r" product moment, guna memperoleh gambaran terkait pengaruh metode Ummi terhadap kemampuan membaca AlQur’an siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Ummi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMPIT Qur'an Kayuwalang. Pada uji kemampuan membaca Al-Qur’an diperoleh nilai (mean) 89, (min) 79, dan (max) 96. Terjadi peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa sebesar 90.6% dengan 82.9% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh penggunaan metode Ummi, sementara 17.1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Analisis statistik menggunakan uji "t" menunjukkan nilai hitung sebesar 5,294, lebih tinggi dari ttabel (1,701) pada taraf signifikansi 0.05. Oleh karena itu, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Kesimpuan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh signifikan Metode Ummi terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMPIT Qur’an Kayuwalang Kota Cirebon. Dengan demikian, menggunakan metode Ummi terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an lebih efektif, ditandai dengan tingkat fashohat dan tartil sesuai kaidah tajwid. Penelitian ini menjadi landasan kuat untuk reformasi metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Kata Kunci : Kemampuan Membaca Al-Qur’an, SMPIT Qur’an Kayuwalang

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 14 Aug 2024 02:29
Last Modified: 14 Aug 2024 02:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14302

Actions (login required)

View Item View Item