ZAZILAH, (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK MELALUI KETELADANAN GURU DI SMAN 1 SUSUKAN CIREBON. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati.
Text
2008101014_1_cover.pdf Download (787kB) |
|
Text
2008101014_2_bab1.pdf Download (236kB) |
|
Text
2008101014_6_bab5.pdf Download (128kB) |
|
Text
2008101014_7_dafpus.pdf Download (190kB) |
Abstract
Permasalahan yang ditemui pada penelitian ini adalah di SMAN 1 Susukan Cirebon memiliki banyak guru yang berpengaruh dan berkarakter. Namun, berdasarkan pengamatan dan realita yang ada di SMAN 1 Susukan Cirebon masih terdapat peserta didik yang mengalami berbagai macam masalah, masih belum memiliki kedisiplinan, terlambat masuk ke sekolah, berada di luar kelas ketika jam pelajaran berlangsung, mengantuk dan tertidur pada saat pembelajaran berlangsung padahal guru di SMAN 1 Susukan Cirebon sudah memberikan keteladanan seperti datang tepat waktu. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui keteladanan guru di SMAN 1 Susukan Cirebon. 2. Untuk mengetahui kedisiplinan peserta didik, serta upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMAN 1 Susukan Cirebon. 3. Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMAN 1 Susukan Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan teknik kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Guru di SMAN 1 Susukan Cirebon sudah memberikan keteladanan melalui bentuk perbuatan seperti datang dan masuk kelas tepat waktu, berpakaian dengan rapih dan sopan, tidak meninggalkan sekolah sampai waktunya pulang. 2. Peserta didik di SMAN 1 Susukan Cirebon banyak yang sudah memiliki kesadaran terkait kedisiplinan seperti datang ke sekolah tepat waktu, berpakaian rapih dan lainnya, akan tetapi ada beberapa peserta didik yang kurang memiliki kesadaran terkait kedisiplinan serta perlu meningkatkan kedisiplinan. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik adalah dengan memberikan apresiasi berupa sertifikat bagi peserta didik teladan dan juga bantuan materi dari para guru bagi peserta didik yang kurang mampu 3. Faktor pendukung yang dapat mempengaruhi kedisiplinan peserta didik ada dua yakni faktor eksternal: keadaan keluarga, keadaan sekolah, serta keadaan masyarakat dan internal: pola pikir, pembawaan, kesadaran, serta motivasi. Sedangkan faktor penghambat yang dapat mempengaruhi kedisiplinan peserta didik yakni diantaranya: kurangnya keteladanan guru, sikap orang tua serta pergaulan dengan teman baik itu di lingkungan sekolah ataupun di lingkungan masyarakat. Kata Kunci: Keteladanan Guru, Kedisiplinan, Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 02:47 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 02:47 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14308 |
Actions (login required)
View Item |