Muhamad Nuralim, (2024) Efektivitas Penerapan Media Infografis dalam Meningkatkan kreativitas siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah (MA) Negeri 1 Cirebon. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati.
Text
2008101047_1_cover.pdf Download (732kB) |
|
Text
2008101047_2_bab1.pdf Download (367kB) |
|
Text
2008101047_6_bab5.pdf Download (328kB) |
|
Text
2008101047_7_dafpus.pdf Download (387kB) |
Abstract
Media pembelajaran menjadi salah satu penunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran, salah satunya penggunaan media pembelajaran infografis. Namun, di Madrasah Aliyah (MA) Negeri 1 Cirebon belum ditemukan penggunaan media infografis tersebut. Sehingga peneliti menerapkan media infografis dalam pembelajaran fikih dalam meningkatkan kreativitas siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media infografis dalam meningkatkan kreativitas siswa di Madrasah Aliyah (MA) Negeri 1 Cirebon. Untuk mengetahui penerapan media infografis, peneliti menggunakan indikator penilaian diantaranya, aspek kelayakan isi, keabsahan, penyajian, dan kegrafikan. Sedangkan untuk mengetahui kreativitas pembelajaran siswa menggunakan indikator kelancaran diantaranya, kelancaran berfikir, keluwesan berfikir, elaborasi, dan originalitas. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 34 responden dari populasi terjangkau siswa kelas X di MAN 1 Cirebon. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuisioner, observasi, dan dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistic dengan menggunakan uji wilcokson, uji product moment, uji determinasi, dan uji signifikasi(T). Penelitian ini menghasilkan bahwa dalam penerapan media infografis diperoleh berada pada kriteria kuat dengan presentase sebesar 70,8% pada interval 60%-80%, sedangkan dalam kreativitas siswa berada pada kriteria kuat dengan presentase sebesar 76,4% pada interval 60% - 80%, dan pengaruh penerapan media infografis pada mata Pelajaran fikih dalam meningatkan kreativitas siswa memiliki tingkat hubungan kuat terhadap kreativitas dengan persentase sebesar 46,4%, sedangkan sisanya 53,6%. Berdasarkan nilai t, diketahui nilai t hitung > t tabel sebesar yaitu 5,261 > 1,694 artinya hasil uji hipotesis menyatakan efektivitas penerapan media infografis signifikan dalam meningkatkaan kreativitas siswa pada mata pelajaran fikih di MAN 1 Cirebon. Kata kunci: Media infografis, Kreativitas siswa, Fikih.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 03:31 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 03:31 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14319 |
Actions (login required)
View Item |