UPAYA PENGENTASAN BUTA AKSARA ALQURAN MELALUI PROGRAM BACA ALQURAN DI MTs DARU’L HIKAM KOTA CIREBON

SITI NISSA SUGANDA, (2024) UPAYA PENGENTASAN BUTA AKSARA ALQURAN MELALUI PROGRAM BACA ALQURAN DI MTs DARU’L HIKAM KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008101066_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008101066_2_bab1.pdf

Download (978kB)
[img] Text
2008101066_6_bab5.pdf

Download (382kB)
[img] Text
2008101066_7_dafpus.pdf

Download (419kB)

Abstract

Berdasarkan data survei IIQ (Institut Ilmu Al-Quran), buta aksara AlQuran di Indonesia masih sangat tinggi yaitu sebesar 72% dari umat Islam di Indonesia belum melek huruf Al-Quran. Maka dari itu diperlukan adanya kolaborasi antara pemerintah, lembaga pendidikan terutama lembaga pendidikan Islam dan masyarakat untuk menciptakan solusi yang berkelanjutan demi meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran bagi masyarakat muslim. Program Baca Al-Quran (PBQ) merupakan upaya untuk mengentaskan buta aksara AlQuran di kalangan umat Islam. Dalam melaksanakan pendidikan Al-Quran melalui Program Baca Al-Quran (PBQ) ini anak-anak dilatih untuk mengenal huruf hijaiyah sampai bisa lancar dalam membacanya sesuai dengan kaidah dalam membaca Al-Quran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan Program Baca Al-Quran (PBQ), menganalisis kemampuan baca Al-Quran siswa di MTs Daru’l Hikam, dan juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menjalankan Program Baca Al-Quran (PBQ) di MTs Daru’l Hikam. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah sumber data primer dan sekunder. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu Program ini dilaksanakan setiap pagi sebelum memulai kegiatan belajar mengajar yaitu pukul 07.20 sampai pukul 07.50 WIB dan siang setelah melaksanakan kegiatan belajar mengajar pukul 13.30 sampai pukul 14.00 WIB. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas membaca Al-Quran, pemahaman dan pengalaman siswa terhadap AlQuran dan menghasilkan lulusan yang berkualitas yang menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup. Dalam Program baca Al-Quran terdapat pengklasifikasian kemampuan membaca Al-Quran siswa. pengklasifikasian tersebut antara lain tashih, tahsin dan tahfidz. Tashih yaitu kelompok siswa yang sedang belajar mengenal huruf hijaiyah, pada kelas ini menggunakan metode iqra dalam pembelajarannya. Tahsin merupakan kelompok siswa yang sudah mampu membaca Al-Quran akan tetapi belum sesuai kaidah tajwid. Tahfidz yaitu kelompok siswa yang mampu membaca Al-Quran sesuai tajwid dan dilanjutkan untuk menghafalkan Al-Quran. Adapun metode yang digunakan dalam melaksanakan Program Baca Al-Quran yaitu pada kelas tashih menggunakan metode iqra, kelas tahsin dan kelas tahfidz metode talaqqi. Kata kunci: Program Baca Al-Quran, Pengentasan buta aksara Al-Quran

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 14 Aug 2024 03:47
Last Modified: 14 Aug 2024 03:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14325

Actions (login required)

View Item View Item