Gaya Kepemimpinan Kiai Dalam Meningkatkan Citra Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Qur’aniyah Krangkeng-Indramayu)

REKHA ADITYA, (2024) Gaya Kepemimpinan Kiai Dalam Meningkatkan Citra Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Qur’aniyah Krangkeng-Indramayu). Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1708109057_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1708109057_2_bab1.pdf

Download (541kB)
[img] Text
1708109057_6_bab5.pdf

Download (429kB)
[img] Text
1708109057_7_dafpus.pdf

Download (528kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren al-Qur‟aniyah Krangkeng Kabupaten Indramayu dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peran kiai sangatlah berpengaruh pada tingkat kemajuan dalam lembaga pondok pesantren. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui lebih mendalam bagaimana gaya kepemimpinan dari seorang Kiai di pondok Pesantren serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam gaya kepemimpinan. Keberadaan pondok pesantren di Indonesia sudah sangat luas penyebarannya baik itu pondok pesantren salaf maupun pondok pesantren modern, sehingga tentu tidak lepas dari kepemimpinan seorang Kiai. Pondok pesantren al-Qur‟aniyah merupakan pondok pesantren yang terletak di desa yang terkenal dengan kriminalitasnya tinggi, sehingga pondok pesantren al-Qur‟aniyah bukan hanya mengajarkan ilmu agama kepada santri-santrinya saja, tetapi juga bagaimana agar masyarakat berantusias untuk menimba ilmu di pondok pesantren. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dengan judul gaya kepemimpinan kiai dalam meningkatkan citra pondok pesantren memperhatikan bagaimana kepemimpinan dari seorang kiai di pondok pesantren, apa pengaruh dalam kepemimpinan seorang kiai di pondok pesantren, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pada gaya kepemimpinan kiai di pondok pesantren. Kata Kunci : Pondok pesantren, Kepemimpinan Kiai

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:14
Last Modified: 16 Aug 2024 04:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14391

Actions (login required)

View Item View Item