Pengaruh Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa

Nura Nurfazriah, (2024) Pengaruh Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008109007_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008109007_2_bab1.pdf

Download (306kB)
[img] Text
2008109007_6_bab5.pdf

Download (225kB)
[img] Text
2008109007_7_dafpus.pdf

Download (225kB)

Abstract

Kurikulum merdeka belajar merupakan kurikulum yang hadir ditengah perkembangan teknologi yang semakin berkembang pesat sekaligus menjadi solusi terhadap berbagai permasalahan yang terjadi di bidang pendidikan di Indonesia. Kurikulum merdeka belajar menjadi faktor penting yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kurikulum yang baik akan senantiasa memberikan dampak yang baik pula terhadap kemajuan dan perkembangan pendidikan sehingga kualitas pendidikan di Indonesia semakin maju. Adapun kurikulum merdeka belajar belum sepenuhnya diterapkan oleh lembaga pendidikan yang ada di Indonesia. Implementasi kurikulum merdeka belajar belum dilakukan secara optimal sehingga mempengaruhi kualitas belajar dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum merdeka belajar yang ada di sekolah SMP Islam Terpadu At-Tadzkir Kabupaten Majalengka (2) untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa SMP Islam Terpadu At-Tadzkir Kabupaten Majalengka (3) untuk mengetahui pengaruh implementasi kurikulum merdeka belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui (1) angket/kuesioner (2) observasi (3) dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan aplikasi SPSS 26. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kurikulum merdeka belajar terhadap hasil belajar siswa di SMP Islam Terpadu AtTadzkir. Salah satu analisis data, koefisien determina atau R Square menyatakan bahwa variabel kurikulum merdeka belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 51,3% sedangkan 44,7% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kurikulum, Kurikulum Merdeka Belajar, Hasil Belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:40
Last Modified: 16 Aug 2024 04:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14401

Actions (login required)

View Item View Item