Pengaruh Manajemen Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 5 Cirebon

Puput Puspiati, (2024) Pengaruh Manajemen Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 5 Cirebon. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008109014_1_cover.pdf

Download (449kB)
[img] Text
2008109014_2_bab1.pdf

Download (243kB)
[img] Text
2008109014_6_bab5.pdf

Download (68kB)
[img] Text
2008109014_7_dafpus.pdf

Download (73kB)

Abstract

Tercapai atau tidaknya tujuan pendidikan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya ialah proses manajemen kelas di sekolah yang dilakukan oleh guru. Ketika manajemen kelas dilakukan dengan baik akan berdampak pada motivasi belajar siswanya. Masih banyak tenaga pendidik yang kurang mampu mengelola kondisi kelas, sehingga siswa merasa jenuh dan kurang termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui 1. Manajemen kelas di MTs Negeri 5 Cirebon, 2. Motivasi belajar siswa di MTs Negeri 5 Cirebon, 3. Mengetahui pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa di MTs Negeri 5 Cirebon. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket serta dokumentasi. Populasi dalam peneitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Cirebon yang berjumlah 187 siswa. Sampelnya ialah siswa kelas VIII F yang berjumlah 30 siswa. Hasil yang diperoleh ialah manajemen kelas di MTs Negeri 5 Cirebon sudah dilakukan dengan baik, hal tersebut dilihat berdasarkan hasil perhitungan olah data yang menunjukkan bahwa nilai persentase deskriptifnya sebesar 82% (baik). Sedangkan motivasi belajar siswa di MTs Negeri 5 Cirebon didapatkan nilai persentase deskriptif sebesar 72%, yang bermakna bahwa motivasi belajar siswanya cukup. Penelitian ini pun menunjukkan bahwasannya terdapat pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan pengolahan data menggunakan analisis regresi linier sederhana yang mendapatkan hasil nilai signifikansinya ialah sebesar 0,00 < 0,05, artinya terdapat pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa, serta memiliki pengaruh yang kuat (dilihat berdasarkan nilai pearson correlation sebesar 0,771). Pengaruh yang ditimbulkan manajemen kelas terhadap motivasi belajar ialah sebesar 59,5%. Kata Kunci: Manajemen Kelas, Guru, Motivasi Belajar Siswa

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 16 Aug 2024 06:08
Last Modified: 16 Aug 2024 06:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14405

Actions (login required)

View Item View Item