Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Kota Cirebon

Izzatun Illiyyin, (2024) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008109020_1_cover.pdf

Download (810kB)
[img] Text
2008109020_2_bab1.pdf

Download (262kB)
[img] Text
2008109020_6_bab5.pdf

Download (174kB)
[img] Text
2008109020_7_dafpus.pdf

Download (211kB)

Abstract

Kepemimpinan kepala madrasah memiliki peran penting dalam menentukan kemajuan dan kualitas pendidikan di madrasah. Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Kota Cirebon merupakan salah satu madrasah swasta yang ada di Kota Cirebon, Kinerja tenaga kependidikan di MA Salafiyah sudah cukup baik namun belum bisa dikatakan maksimal, karena terdapat beberapa tenaga kependidikan yang memiliki tanggung jawab lebih dari satu bidang sehingga menyebabkan kurangnya kualitas kerja. Oleh karena itu, peningkatan kinerja tenaga kependidikan merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh kepala madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di ma salafiyah Kota Cirebon, 2) kinerja tenaga kependidikan di MA Salafiyah Kota Cirebon, 3) Faktor penghambat dan pendukung kepemimipinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di MA Salafiyah Kota Cirebon. Metode Penelitian dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan kepala madrasah di MA Salafiyah sudah baik dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan. Hal ini dibuktikan dengan beberapa indikator, seperti Tugas-tugas manajerial yang baik, karakteristik kepemimpinan yang positif, penerapan prinsip-prinsip kepemimpinan yang konsisten, regulasi yang dipatuhi dan menerapkan gaya kepemimpinan yang demokratis. Kinerja tenaga kependidikan di MA Salafiyah Kota Cirebon cukup baik, dengan indikator kualifikasi yang sesuai, kuantitas kerja tinggi, tanggung jawab baik, kerjasama erat, dan inisiatif tinggi. Adapun faktor penghambat seperti kurangnya informasi diklat dan workshop, kurangnya sarana dan prasarana, dan supervisi yang belum merata. Faktor pendukung yaitu adanya diklat dan Kepemimpinan kepala madrasah yang demokratis serta dedikasi dan totalitas kepala madrasah. Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Tenaga Kependidikan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 16 Aug 2024 06:12
Last Modified: 16 Aug 2024 06:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14407

Actions (login required)

View Item View Item