Pengaruh Manajemen Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah (MA) An-Nur Kota Cirebon

Susanti Hayati Utami, (2024) Pengaruh Manajemen Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah (MA) An-Nur Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008109040_1_cover.pdf

Download (826kB)
[img] Text
2008109040_2_bab1.pdf

Download (265kB)
[img] Text
2008109040_6_bab5.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2008109040_7_dafpus.pdf

Download (488kB)

Abstract

Pembelajaran dapat di definisikan sebagai proses interaksi dalam satu ruang lingkup pendidikan dimana guru, siswa, dan pendekatan pembelajaran yang tersedia. Dalam dunia pendidikan, guru merupakan salah satu faktor paling penting dalam proses pendidikan. Guru yang berhasil adalah yang dapat meningkatkan semangat dan motivasi peserta didik, mereka yang memiliki motivasi belajar yang tinggi akan memiliki motivasi belajar yang lebih baik. Dalam rangka meningkatkan semangat dan motivasi belajar siswa tersebut, guru harus kompeten bukan hanya sekedar menyampaikan ilmu pengetahuan saja, namun juga harus dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah (MA) AnNur Kota Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, sampel yang digunakan adalah 69 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan sebagai berikut : (1) manajemen kompetensi guru di Madrasah Aliyah (MA) AnNur Kota Cirebon berada di kategori baik karena berada pada interval 75% - 100% dengan nilai 82%. (2) motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah (MA) AnNur Kota Cirebon berada pada kategori baik karena berada pada interval 75% - 100% dengan nilai 82,75%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa, dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Besarnya pengaruh yang diberikan kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa yaitu sebesar 66,8%, sedangkan sisanya 33,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Manajemen, Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 16 Aug 2024 06:34
Last Modified: 16 Aug 2024 06:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14414

Actions (login required)

View Item View Item