Kecakapan Literasi Digital Guru terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Bode

Aldy Satya Manggara, (2024) Kecakapan Literasi Digital Guru terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Bode. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008109043_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008109043_2_bab1.pdf

Download (823kB)
[img] Text
2008109043_6_bab5.pdf

Download (217kB)
[img] Text
2008109043_7_dafpus.pdf

Download (435kB)

Abstract

Saat ini perkembangan teknologi begitu pesat, seluruh sektor kehidupan mengalami digitalisasi termasuk bidang pendidikan. Guru yang professional perlu memahami dan mampu mengintegrasikan teknologi digital untuk menunjang kompetensi guru sejalan dengan perkembangan teknologi saat ini dalam proses belajar mengajar. Guru yang memiliki kompetensi digital yang baik dapat meningkatkan kinerjanya sebagai pendidik dan kemudahan untuk memperoleh informasi sehingga sangat membantu dalam pelaksanaan pembelajaran. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui seberapa besar pengaruh kecakapan literasi digital guru terhadap kinerja guru di MTs Salafiyah Bode. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini ialah 34 guru sehingga sampel yang digunakan ialah seluruh anggota populasi atau disebut juga penelitian populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket dan observasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif statistik dan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecakapan literasi digital guru di MTs Salafiyah Bode berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 83,62% dan kinerja guru berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 89,75%. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 6.223 > 1.307 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kecakapan literasi guru terhadap kinerja guru. Besarnya pengaruh yang diberikan sebesar 54,8% sedangkan sisanya sebesar 45,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian kecakapan literasi digital guru cukup berpengaruh terhadap kinerja guru di MTs Salafiyah Bode. Kata kunci : Kompetensi Digital Guru, Kinerja Guru, Teknologi, Pendidikan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 16 Aug 2024 06:47
Last Modified: 16 Aug 2024 06:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14417

Actions (login required)

View Item View Item