Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah dalam Pembinaan Kinerja Tata Usaha di Madrasah Aliyah (MA) An-Nur Kota Cirebon

Eliza Safina, (2024) Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah dalam Pembinaan Kinerja Tata Usaha di Madrasah Aliyah (MA) An-Nur Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008109055_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008109055_2_bab1.pdf

Download (188kB)
[img] Text
2008109055_6_bab5.pdf

Download (54kB)
[img] Text
2008109055_7_dafpus.pdf

Download (176kB)

Abstract

Dalam suatu madrasah, kepemimpinan kepala madrasah akan berhasil memimpin dengan melakukan berbagai jenis gaya kepemimpinan. Diantaranya jenis gaya kepemimpinan demokratis, pemimpin yang baik harus mampu mengelola lembaganya dengan melakukan pembinaan kinerja tata usaha. Pembinaan dilakukan untuk keberhasilan proses adiminstrasi dalam sebuah lembaga pendidikan dan meningkatkan kinerja tata usaha. Oleh karena, itu tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah melalui pembinaan kinerja tata usaha di MA An-Nur Kota Cirebon, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, kepala tata usaha dan guru. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala MA An-Nur Kota Cirebon adalah gaya kepemimpinan demokratis dilihat dari cara kepemimpinannya yang terbuka dan selalu bermusyawarah dalam mengambil keputusan. Upaya kepala madrasah dalam pmbinaan kinerja tata usaha dengan melakukan pelatihan, menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, memupuk rasa persaudaraan, pengembangan pola pikir tenaga kependidikan, rencana kerja madrasah (RKM), rencana pengembangan madrasah (RPM). Hasil gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah dalam pembinaan kinerja tata usaha sudah baik kelebihan gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah terlihat dari cara kepala madrasah menanggapi sebuah permasalahan yang terjadi dilingkungan madrasah. Kekurangannya proses pengambilan keputusan berlangsung lama karena diambil secara musyawarah. Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Demokratis, Pembinaan, Kinerja Tata Usaha

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 16 Aug 2024 07:19
Last Modified: 16 Aug 2024 07:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14426

Actions (login required)

View Item View Item