PENERAPAN MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR UNTUK PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA CIREBON

ILMI JIBRILA QARNIN, (2024) PENERAPAN MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR UNTUK PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (731kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (599kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (827kB)

Abstract

Penerapan kurikulum merdeka belajar merupakan sebuah opsi yang dilakukan oleh Kemendikbud pada satuan pendidikan. Penerapan kurikulum merdeka belajar mengusung konsep intrakurikuler dan projek penguatan profil pelajar Pancasila yang berkaitan dengan pendidikan karakter siswa. Adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dikarenakan menurunnya indeks karakter peserta didik berdasarkan pada hasil survei dilakukan oleh Kementeian Agama. Untuk mengelola program kurikulum ini dengan baik diperlukannya manajemen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasil di MAN 1 Kota Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi.Berdasarkan hasil penelitian menunjukan : (1) Perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di MAN 1 Kota Cirebon yaitu menentukan strategi kolaborasi, menyosialisasikan, mendesain, membuat alur kegiatan pembelajaran, menentukan materi, menentukan strategi pembelajaran dan menetapkan alat evaluasi pembelajaran projek, (2) Pengorganisasian dalam pembagian tugas dilakukan secara kolaboratif dengan membentuk tim fasiliator khusus Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, menentukan tema yang diambil yaitu kearifan lokal, bangunlah jiwa raganya, dan kebekerjaan, dan menentukan alokasi waktunya, (3) Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di MAN 1 Kota Cirebon dibagi menjadi dua tingkatan pada tingkat sekolah dan pada tingkat kelas. Penerapan sikap oleh siwa berbhinekaan global ada pada pembelajaran projek tema kearifan lokal, tema kebekerjaan mengandung nilai kemandirian dan kreatif, (4) Evaluasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di MAN 1 Kota Cirebon berupa evaluasi konteks, evaluasi masukan, evaluasi proses, dan evaluasi produk. Kata Kunci : Manajemen, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 19 Aug 2024 04:08
Last Modified: 19 Aug 2024 04:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14454

Actions (login required)

View Item View Item