LISNAWATI NURAIDA, (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 PLERED CIREBON. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati..
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (628kB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Download (541kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (564kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan rendahnya kreativitas siswa dalam mengemukakan gagasan saat kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 1 Plered Cirebon. Pengembangan kreativitas sebenarnya menjadi salah satu unsur penting yang dapat membuat siswa mampu bernalar kritis. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk pengembangan kreativitas siswa yakni dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek. Model pembelajaran ini memberikan pengalaman yang berbeda dimana siswa dapat mengintegrasikan pengetahuannya dengan beraktivitas secara nyata. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Bagaimana pelaksanaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek di SMP Negeri 1 Plered Cirebon, (2)Bagaimana tingkat kreativitas siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Plered Cirebon, (3)Seberapa besar pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Plered Cirebon. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperiment. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, rubrik observasi kreativitas, dan angket kemampuan siswa. Analisis data yang digunakan yakni uji prasyarat data dan uji hipotesis yang meliputi independent sample t-test dan paired sample t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum diberikan pembelajaran dengan Model Berbasis Proyek siswa memiliki tingkat kreativitas pada kategori cukup kreatif. Adapun pelaksanaan pembelajaran dengan Model Berbasis Proyek berjalan secara efektif dan dapat diikuti dengan baik oleh seluruh siswa. Selain itu, hasil dari uji analisis data menunjukan bahwa nilai -thitung > -ttabel. Hal ini memberikan informasi bahwa ha dari kedua uji hipotesis tersebut diterima artinya Model Pembelajaran Berbasis Proyek berpengaruh terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri 1 Plered Cirebon. Kata Kunci: Kreativitas, Model Project Based Learning, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 04:17 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 04:17 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14457 |
Actions (login required)
View Item |