SITI SALSAH CHAIRUNNISA AZ ZAHRA, (2024) PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SANTRIWATI PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) PONDOK PESANTREN MADINATUNNAJAH JOMBANG CIPUTAT TANGERANG SELATAN BANTEN. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati..
Text
1 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (912kB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (693kB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (695kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik di Pondok Pesantren Madinatunnajah Tangerang dalam pembelajaran Fiqih kurang memahami dan menyukai pelajaran tersebut bahkan peserta didik cenderung asik mengobrol dengan teman sebangkunya. Hal ini disebabkan guru hanya menggunakan media papan tulis dalam proses belajar mengajar, meskipun metode pembelajaran bervariasi seperti metode ceramah dan tanya jawab akan tetapi pembelajaran Fiqih belum mampu menarik perhatian peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran Fiqih, untuk mengetahui bagaimana kemampuan belajar santriwati dalam pembelajaran Fiqih, dan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode mind mapping dalam meningkatkan kemampuan belajar santriwati kelas VIII Pondok Pesantren Madinatunnajah. Penerapan metode mind mapping merupakan sebuah metode yang dapat membantu siswa berpikir secara sederhana dan teratur, karena melibatkan keseluruhan fungsi otak yaitu otak kanan untuk melihat gambar dan warna dan otak kiri untuk melihat tulisan. Adapun kemampuan belajar merupakan suatu bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seeorang yang dinyatakan dalam cara-cara bertingkah laku yang baru berkat pegalaman dan Latihan. Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan dua jenis data, yaitu data teoritik yang diperoleh dari buku yang ada hubungannya dengan masalah skripsi, dan data empirik diperoleh melalui penelitian langsung ke objek penelitian dengan menggunakan Teknik observasi, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Kesimpulan hasil penelitian berdasarkan rekapitulasi hasil perhitungan angket dan post-test mengenai penerapan metode mind mapping dalam meningkatkan kemampuan belajar menunjukkan korelasi yang mencapai pada rxy= -0,445, yang menunjukkan pada korelasi yang sedang karena berada pada interval 0,40-0,70. Hal ini menunjukkan hubungan yang cukup signifikan antara penerapan metode mind mapping (variabel X) dengan kemampuan belajar (variabel Y) pada mata pelajaran Fiqih Kelas VIII Pondok Pesantren Madinatunnajah dan hubungan variabel ini bersifat negatif. Kata kunci: Penerapan Metode Mind Mapping, Kemampuan Belajar Santriwati.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 04:33 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 04:33 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14461 |
Actions (login required)
View Item |