PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL (Tantangan dan Peluang dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di Tingkat Menengah)

Sukron Ma’mun, (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL (Tantangan dan Peluang dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di Tingkat Menengah). Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati..

[img] Text
1. COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (900kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (579kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (811kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi di era digital saat ini yang mempengaruhi terhadap karakter siswa, terlihat masih terdapat siswa yang belum mengimplementasikan karakter religius baik disekolah maupun diluar sekolah. Oleh karena itu, dibutuhkan peran guru PAI yang mampu mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter religius siswa di SMK Ar-Rahmat, mengetahui peran guru PAI di era digital, serta mengetahui tantangan dan peluang guru PAI di era digital. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Karakter religius siswa dilihat dari lima dimensi diantaranya dimensi keyakinan, dimensi menjalankan kewajiban, dimensi penghayatan, dimensi pengetahuan dan dimensi perilaku. Berdasarkan hal tersebut, sebagian siswa masih belum mengimplementasikan karakter religius. Oleh karena itu dibutuhkan peran guru PAI di era digital yang mampu mengatasi permasalahan tersebut. Peran guru PAI SMK Ar-Rahmat Kabupaten Majalengka di era digital saat ini sudah terlaksana dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya upaya guru PAI sebagai edukator, fasilitator, demonstrator, motivator, mediator dan evaluator. Namun dalam prakteknya terdapat tantangan yang dihadapi guru PAI diantaranya guru harus melek digital, mampu menginovasikan metode, mengikuti perkembangan IPTEK, menghadapi krisis moral dan krisis sosial. Selain itu, terdapat juga peluang yang di dapat guru PAI di era digital ini diantaranya dapat mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, dapat mengembangkan keterampilan digital, dapat meningkatkan literasi digital dan dapat mendorong siswa agar menjaga keharmonisan dalam dunia digital. Kata Kunci : Peran guru PAI, Era Digital, Karakter Religius

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 19 Aug 2024 04:44
Last Modified: 19 Aug 2024 04:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14463

Actions (login required)

View Item View Item