UMU KHABIBAH, (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 GUNUNG JATI. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati..
Text
1. COVER.pdf Download (753kB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (527kB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Download (134kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
Abstract
Berdasarkan observasi lapangan di sekolah SMP Negeri 1 Gunung Jati peneliti menemukan model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran masih secara konvensional atau pembelajaran berpusat pada guru. Kemudian, terdapat fasilitas sekolah berupa proyektor yang belum digunakan secara maksimal oleh guru sehingga kurang meningkatkan hasil belajar siswa. Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Media Power Point ini digunakan karena merupakan salah satu model dan media pembelajaran yang mudah diterapkan dengan melibatkan seluruh siswa agar dapat berdiskusi dengan aktif dan bersemangat dalam memahami materi saat proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk: mengetahui proses penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Gunung Jati; mengetahui proses penerapan Media Power Point pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Gunung Jati; mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Power Point pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Gunung Jati. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) proses penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada siswa di SMP Negeri 1 Gunung Jati dikategorikan baik yaitu sebesar 78,6% pada interval 68,01 % - 84,00%. (2) proses penerapan Media Power Point pada siswa di SMP Negeri 1 Gunung Jati dikategorikan baik yaitu sebesar 78,01% pada interval 68,01 % - 84,00%. (3) pengaruh penerapanModel Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Power Point adalah sebesar 54% dan ditemukan faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Adapun setelah dilakukan uji hipotesis menyatakan bahwa pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Media Power Point pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Gunung Jati berpengaruh signifikan. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Media Power Point, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 04:51 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 04:51 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14465 |
Actions (login required)
View Item |