ANALISIS IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV MI AN-NUR KOTA CIREBON

INTAN FAUZIAH, (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV MI AN-NUR KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1- PGMI IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
Cover - Daftar Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)

Abstract

alah satu hal terbaru dalam bidang pendidikan adalah Proyek Profil Pembelajaran Pancasila. Biasanya, tujuan pembelajaran berbasis proyek berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek karena pembelajaran berbasis proyek memiliki pendekatan pembelajaran yang lebih terfokus. Berdasarkan hasil survey dan observasi penulis bersama Kepala Madrasah MI An-Nur Kota Cirebon, penulis melihat adanya fenomena terkait Pelaksanaan proyek Penguatan profil pembelajar pancasila yang dilaksanakan di MI An-Nur. Pokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di kelas IV MI An-Nur Kota Cirebon? (2) Bagaimana Penilaian Guru terhadap Siswa dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di kelas IV MI An-Nur Kota Cirebon? Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di kelas IV MI An-Nur Kota Cirebon 2) Mengetahui Penilaian Guru terhadap Siswa dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di kelas IV MI An-Nur Kota Cirebon. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian Mix Method. Desain yang digunakan adalah Eksploratif Sekuensial. teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara, Angket, Observasi, dan Dokumentasi. Analisis data ini adalah 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan Kesimpulan. Metode pengumpulan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Temuan penelitian dapat dirangkum sebagai berikut: 1) Pelaksanaan Proyek Profil Pembelajaran Pancasila di MI An-Nur Kota Cirebon Tahun 2023/2024 didasarkan pada kesimpulan penelitian dan tindakan khusus yang dilakukan sebagai berikut: a) Pengenalan tema projek dan berbagai jenis sampah, b) Konstektual dengan memahami berbagai sumber untuk dilaksanakan dalam projek, c) tahapan aksi yaitu siswa membuat produk kerajinan tangan dari sampah, d) tindak lanjut yaitu evaluasi projek, dan diperkuat dengan hasil angket siswa dengan hasil sebesar 85% atau 0,85 yang bisa dengan kategori mendekati sesuai dan berdasarkan hasil observasi pada tahap persiapan guru ini sebesar 90% dengan kategori " baik". 2) Penilaian siswa pada projek penguatan profil pelajar pancasila ini menggunakan rubik atau penilaian kualitatif dengan indikator belum berkembang, berkembang, cukup berkembang, sangat berkembang. berdasarkan hasil angket siswa sebesar 91% dengan kategori Mendekati Sesuai (MS) dan hasil Observasi yaitu dengan jumlah sebesar 90% dengan kategori "Baik" Kata Kunci : Implementasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:57
Last Modified: 19 Aug 2024 06:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14477

Actions (login required)

View Item View Item