M. AGUNG SETIAWAN, (2024) PENGARUH KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI KELAS V DI SDN ADISANA 02 KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, S1- PGMI IAIN Syekh Nurjati.
Text
COVER - DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (528kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (327kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (344kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya siswa sekolah dasar khususnya di SDN Adisana 02 Kabupaten Brebes kelas V yang kurang memiliki minat dalam kemampuan baca tulis Al-Qur’an sehingga mempengaruhi kualitas nilai dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendidikan agama Islam adalah usaha sadar dan terencana untuk membina peserta didik agar senantiasa mengetahui, memahami, meyakini, dan mengamalkan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi antara kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an sehingga dapat menambah hasil belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Adisana 02 Kabupaten Brebes Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan menggunakan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan uji hasil langsung berupa tes praktek membaca dan menulis. Populasi dari penelitian ini yaitu 12 orang dengan rincian 6 siswa laki-laki dan 6 siswi perempuan dan sampel yang digunakan yaitu dari SDN Adisana 02 Kabupaten Brebes. Data yang diolah diperoleh menggunakan hasil uji normalitas, uji t hasil, dan uji korelasi. Hasil penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut : Terdapat pengaruh positif terhadap kemampuan baca siswa (X1) dari hasil kuesioner dan tes memperoleh hasil 70%, berdasarkan hasil uji tes tersebut menunjukan adanya pengaruh positif untuk hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI (Y), dan terdapat minat dalam baca tulis Al-Qur’an (X2) berpengaruh positif dengan hasil 70% berdasarkan dengan hasil ini menunjukan bahwa siswa memiliki pemahaman yang baik untuk mata pelajaran PAI. Sehubungan dengan hasil tersebut maka dalam uji t hasil dari kemampuan membaca memperoleh nilai 0,319 yang berarti lebih besar dari 0,05 sehingga mempunyai pengeruh positif untuk kemampuan membaca Al-Qur’an, dan kemampuan menulis mendapatkan hasil perhitungan nilai sig adalah 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 maka dapat diperoleh hasil belajar yang positif untuk kemampuan menulis. Kesimpulan dari hasil penelitian ini melalui uji korelasi berganda mendapatkan hasil Fhitung > Ftable (9,737 > 5,12) maka dapat disimpulkan bahwa korelasi ganda tersebut berpengaruh positif dan signifikan antara kemampuan membaca (X1) dan kemampuan menulis (X2) terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam (Y) siswa kelas V di SDN Adisana 02 Kabupaten Brebes. Kata kunci: Kemampuan Membaca, Menulis, Hasil Belajar PAI
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 07:00 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 07:00 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14478 |
Actions (login required)
View Item |