PENGARUH PEMBELAJARAN IPS TERHADAP PEMBENTUKAN KECERDASAN SOSIAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI SMP NEGERI 4 PALIMANAN KABUPATEN CIREBON

Derizta Nurfitriyati Haditedja, (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN IPS TERHADAP PEMBENTUKAN KECERDASAN SOSIAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI SMP NEGERI 4 PALIMANAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (179kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (254kB)

Abstract

Pada pembelajaran IPS guru telah menerapkan metode pembelajaran serta mengaitkan nilai-nilai kehidupan dalam materi yang diajarkan salah satunya materi tentang nilai dan norma di masyarakat dengan harapan dapat mendorong perkembangan kecerdasan sosial dan kecerdasan spiritual anak. Namun seiring dengan upaya yang telah dilakukan oleh guru, pada sebagian siswa disinyalir masih ada yang sulit berinteraksi sehingga merasa terasingkan. Tidak hanya itu masih ada siswa yang belum bisa mengontrol dirinya sehingga melakukan perilaku yang melanggar aturan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan pembelajaran IPS di SMPN 4 Palimanan (2) tingkat kecerdasan sosial siswa di SMPN 4 Palimanan (3) tingkat kecerdasan spiritual siswa di SMP Negeri 4 palimanan (4) tingkat pengaruh pembelajaran IPS terhadap perkembangan kecerdasan sosial dan kecerdasan spiritual siswa di SMPN 4 palimanan Pembelajaran IPS tidak hanya mampu membentuk kecerdasan intelektual nya saja namun dapat membentuk kecerdasan sosial dan spiritual. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPS terhadap pembentukan kecerdasan sosial dengan indikator empati, kognisi sosial, kemampuan diri, pengaruh dan pembentukan kecerdasan spiritual siswa meliputi indikator bersikap fleksibel, kesadaran diri, kualitas hidup serta kemampuan menghadapi/memanfaatkan penderitaan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif regresional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi deskriptif persentase, uji prasyarat, korelasi produk momen, koefisiensi determinan, dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan (1) pelaksanaan pembelajarn IPS termasuk kategori sangat baik dengan angka persentase sebesar 84,9% (2) tingkat kecerdasan sosial siswa termasuk kategori baik dengan angka persentase sebesar 64,27% (3) tingkat kecerdasan spiritual anak termasuk kategori baik dengan angka persentase sebesar 67,74% (4)Terdapat pengaruh positif pembelajaran IPS terhadap kecerdasan sosial dengan besaran pengaruh 0,513 ketika Variabel X berubah. Dan terdapat pengaruh positif pembelajaran IPS terhadap kecerdasan spiritual dengan besaran pengaruh 0,617 ketika Variabel X berubah Kata kunci : Pembelajaran IPS, Kecerdasan Sosial, Kecerdasan Spiritual

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:16
Last Modified: 19 Aug 2024 07:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14482

Actions (login required)

View Item View Item