Siti Nurlaily., (2024) Implementasi Manajemen Bimbingan dan Konseling Berbasis SWOT-Balanced Scorecard dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (765kB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Download (503kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (527kB) |
Abstract
Pendidikan karakter masih memiliki beberapa kesenjangan dan tantangan yang perlu diperhatikan dan ditingkatkan, berbagai upaya mungkin telah dilakukan oleh berbagai lembaga pendidikan, para guru, dan pemerintah, untuk mengatasi pendidikan karakter. Guru bimbingan dan konseling berperan strategis dalam membentuk karakter siswa dengan mengelola masalah emosional, sosial, dan akademik mereka. Manajemen bimbingan dan konseling dapat menjadi wadah untuk menerapkan program-program pendidikan karakter yang komprehensif. SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon sebagai penyelenggara pendidikan dengan salah satu orientasinya adalah unggul dalam akhlakul karimah. Sebagai implementasinya maka sekolah ini secara intensif memeksimalkan seluruh program kegiatan pendidikannya untuk mewujudkan keunggulan karakter atau akhlakul karimah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui dan menganalisis implementasi manajemen Bimbingan dan Konseling, (2) mengetahui dan menganalisis strategi pendidikan karakter menggunakan analisis SWOT-Balanced, (3) mengetahui dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat manajemen bimbingan dan konseling dalam meningkatkan pendidikan karakter di SMP Islam Al-Azhar 5 Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Subjek informan dalam penelitian ini adalah adalah Guru BK senior, yakni konselor yang memiliki pengalaman dan keahlian yang lebih luas dalam memberikan bimbingan dan konseling kepada murid sekurang-kurangnya tiga tahun; kepala sekolah; serta murid SMP Islam Al-Azhar 5 Cirebon. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan data reduction, data display dan verification yang dianalisis menggunakan SWOT-Balanced Scorecard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi manajemen bimbingan dan konseling di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon mencakup perencanaan strategis, pengorganisasian tugas guru BK, berbagai metode layanan, serta evaluasi rutin, (2) analisis SWOT menunjukkan kekuatan dalam integrasi kurikulum dan dukungan stakeholder, kelemahan dalam perencanaan, serta peluang dan ancaman dari teknologi dan pemahaman masyarakat. Balanced Scorecard menunjukkan efisiensi biaya, optimalisasi anggaran, dan responsivitas program, (3) Dukungan struktural, kompetensi sumber daya manusia, dan teknologi adalah faktor pendukung utama, meski terdapat hambatan dalam penyesuaian waktu, kualifikasi petugas, dan keterbatasan sumber daya. Integrasi kurikulum, partisipasi stakeholder, dan teknologi adalah kunci peningkatan pendidikan karakter di sekolah ini
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 04:18 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 04:18 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14493 |
Actions (login required)
View Item |