Hubungan antara performance dan kompetensi guru dengan prestasi belajar pendidikan agama islam di SD Negeri se-kecamatan mundu kabupaten cirebon

IBROHIM, (2012) Hubungan antara performance dan kompetensi guru dengan prestasi belajar pendidikan agama islam di SD Negeri se-kecamatan mundu kabupaten cirebon. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
1. Hal Depan_25.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. Bab 1_11.pdf

Download (396kB)
[img] Text
6. Bab 5_2.pdf

Download (68kB)
[img] Text
7. Daftar Pustaka_4.pdf

Download (112kB)

Abstract

IBROHIM: Hubungan antara Performance dan Kompetensi guru dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SD se-Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon Pencapaian prestasi belajar pendidikan agama Islam dilakukan guru secara bertahap dari perencanaan sampai evaluasi belajar,guru yang mampu menunjukkan performance sebagai pendidik artinya guru yang memiliki kemampuan melakukan perubahan diri yang pada akhirnya dapat berhasil mencapai tujuan pembelajaran bagi siswanya yaitu diperolehnya prestasi belajar yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyatakan 1) Performance guru PAl di SD negeri se-Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. 2) Kompetensi guru PAI dalam pembelajaran di SD negeri se-Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, dan 3) Hubungan antara performance dan kompetensi guru PAI dalam membina prestasi PAldi SD negeri se-Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa guru merupakan kunci dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam mereka dalam usaha sekolah. Setiap upaya yang dilakukan bagi peningkatan kualitas pendidikan sperti perubahan kurikulum, pengembangan metode mengajar, penyedian sarana dan prasarana akan berarti apabila melibatkan guru. Oleh karena itu, guru yang berkemampuan sangat diperlukan dalam proses pengajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu mendeskripsikan dan menganalisis variabel-variabel penelitian yang terpilih yaitu mengenai grur yang baik(performance), guru yang mahir(kompeten) dan hasil belajar siswa dalam bidang studi PAI dengan instrumen angket dan tehnik analisis dengan rumus statistik yaituprosentase dan korelasi produc moment. PAJ di SD negeri se- Hasil penelitian ini adalah 1) Performance guru Kecamatan Mundu berdasarkan perhitungan prosentase hasil angket mencapai angka 66,5%, perhitungan kuantifikasi mencapai angka konvensional sebesar 86,2. Dengan demikian rata-rata performance guru PAI adalah 66,5186,2:2 76,35 (baik), 2) Kompetensi guru PAI dalam melaksanakan tugas pembelajaran mencapai angka prosentase sebesar 70,43% dan secara kuantifikasi mencapai angka rata-rata88. Dengan demikian tingkat rata-rata kompetensi guru PAI dalam pembelajaran adalah 70,4388279 (baik), dan 3) terdapat hubungan yang signifikan antara performance dengan prestasi belajar bidang studi PAl berdasarkan [perhitungan korelasi mencapai angka 0,32. Sedangkan hubungan antara kompetensi dengan prestasi belajar bidang studi PAI berdasarkan perhitungan korelasi mencapai angka0,37, kemudian terdapat hubungan antra performance, kompetensi guru PAI dengan prestasi belajar di SD negeri se-Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon berdasarkan perhitungan korelasi mencapai angka 0,50, artinya terdapat korelasi yang signifikan antara performance, kompetensi guru PAI dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 14 Oct 2024 01:59
Last Modified: 14 Oct 2024 02:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14561

Actions (login required)

View Item View Item