PUSPITAWATI, (2012) Penggunaan media pembelajaran film religi dalam meningkatkan kualitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran AQIDAH AKHLAK Di Madrasah Aliyah AN-NUR Kota Cirebon. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.
Text
1. Hal Depan_21.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. Bab 1_15.pdf Download (540kB) |
|
Text
6. Bab 5_3.pdf Download (110kB) |
|
Text
7. Daftar Pustaka_4.pdf Download (147kB) |
Abstract
[10.19, 14/10/2024] Bunda Rani: Puspitawati, NIM. 14106310054: "Penggunaan Media Pembelajaran Film Religi datam Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah An-Nur Kota Cirebon" Belajar adalah suatu yang kompleks yang terjadi pada diri setiap orang sepanjang hidupnya. Proses belajar terjadi karena adanya interaksi antara seseorang dengan lingkungannya. Oleh karena itu belajar dapat terjadi kapan dan di mana saja. Salah satu indikasi hasil belajar seseorang ditunjukkan oleh adanya perubahan pada tingkat pengetahuan, keterampilan maupun sikapnya. Dalam menyampaikan pesan pendidikan agama diperlukan media pengajaran yang dapat memperlancar penyampaian pendidikan agama Islam. Media pengajaran tersebut adalah penggunaan film yang bermuatan nilai- nilai keagamaan atau film religi seperti film Ayat-ayat Cinta yang diangkat dan novel Ayat-ayat Cinta karya Habiburabman El-Shirazy, Ketika Cinta Bertasih dan lain-lain. Upaya guru Madrasah Aliyah An-Nur Cirebon menggunakan film religi sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dapat dinilai sebagai langkah inovatif dalam proses pembelajaran, karena selama ini pembelajaran Aqidah Akhlak di sekolah ini masih dapat dikatakan belum berhasil. Ketidakberhasilan pembelajaran Aqidah Akhlak sebelum digunakan media film religi di Madrasah Aliyah An-Nur Cirebon ditandai minimal oleh dua hal, pertama nilai akademis siswa masih belum memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan. Perolehan nilai rata-rata siswa di bawah 70 padahal KKM untuk pelajaran Aqidah Akhlak pada sekolah tersebut adalah 75. Kedua, sikap atau perilaku siswa yang belum menunjukkan sebagai seorang siswa muslim yang berakhlaq mulia. Penelitian ini bertujuan untuk; 1). Mendeskripsikan penggunaan film religi dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah An-Nur Kota Cirebon; 2). Mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menggunakan media film Religi dalam proses pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah An-Nur Kota Cirebon; 3). Mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam menggunakan media film religi pada proses belajar mengajar Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah An-Nur Kota Cirebon. Kualitas dapat dimaknai sebagai tingkat baik buruknya sesuatu. Secara definitif efektivitas dapat dinyatakan sebagai tingkat keberhasilan dalam mencapai tujuan atau sasarannya. Dengan demikian efektivitas merupakan suatu konsep yang sangat penting. karena mampu memberikan gambaran mengenai keberhasilan seseorang dalam mencapai sasarannya atau suatu tingkatan terhadap mana tujuan-tujuan dicapai atau tingkat pencapaian tujuan. Sedangkan pembelajaran adalah upaya membelajarkan pembelajar. Kualitas pembelajaran berkaitan dengan banyak faktor yang turut mempengaruhi seperti masukan mentah (raw input), masukan alat (instrumental input), proses pembelajaran (transformation), dan masukan dan lingkungan (environmental input). Sebagaimana telah dijelaskan di atas kualitas pembelajaran berkaitan dengan banyak faktor yang turut mempengaruhi salah satunya adalah alat atau media pembelajaran sebagai perantara atau pengantar terjadinya komunikasi dari pengirim menuju penerima. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi partisipatif pasif (passive participation), wawancara mendalam (in dept interview), studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis interaksi (interactive analysis models) yaitu komponen reduksi data dan sajian data dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data. Setelah data terkumpul, maka tiga komponen analisis (reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan) saling berinteraksi. [10.20, 14/10/2024] Bunda Rani: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Penggunaan film religi yang dilakukan guru Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah An-Nur dilaksanakan dengan mempertimbangkan berbagai aspek seperti waktu, materi, lingkungan dan peserta didik yang menjadi sasaran utama penggunaan media ini, oleh karena itu langkah-langkah guru untuk menggunakan media film religi dalam pembelajaran dilakukan melalui persiapan, pelaksanaan dan kegiatan lanjutan. Hal ini dimaksudkan supaya guru dan siswa dapat berinteraksi dengan baik; 2). Hasil belajar siswa setelah guru menggunakan media film religi pada mata pelajaran Aqidah Akhlak maka guru mengadakan evaluasi hasil belajar yang merupakan proses untuk menentukan nilai belajar siswa melalui kegiatan penilaian dan pengukuran hasil belajar. Hasil belajar siswa setelah guru menggunakan media film religi pada mata pelajaran Aqidah Akhlak baik sekali, rata-rata siswa banyak mendapat hasil yang baik. Hasil belajar yang dimaksud pada penelitian ini dibagi dua, yakni hasil akademis. Nilai akademis siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak cukup baik, yaitu yaitu 78,95 dan hasil non akademis berupa sikap dan perilaku; dan 3). Penggunaan film religi di Madrasah Aliyah An-Nur Kota Cirebon tidak terlepas dari beberapa hambatan atau kendala. Kendala-kendala dimaksud adalah: a). Film bersuara tidak dapat diselingi dengan keterangan-keterangan yang diucapkan sewaktu film diputar, penghentian pemutaran akan mengganggu konsentrasi audiens (siswa); b). Audiens tidak akan dapat mengikuti dengan baik kalau film yang diputar secara cepat; c). Apa yang telah lewat sulit untuk diulang kecuali memutar kembali secara keseluruhan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 03:32 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 02:19 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14565 |
Actions (login required)
View Item |