MUKHAMMAD NAWAWI, (2019) Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Melalui Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menganalisis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas X SMA Negeri 7 Cirebon. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (194kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (958kB) |
Abstract
MUKHAMMAD NAWAWI, (14156310019). Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Melalui Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menganalisis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas X SMA Negeri 7 Cirebon. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan siswa dalam menganalisis masih rendah, hal ini ditunjukkan dengan kurang terampil dalam memisahkan dan menghubungkan keterkaitan antar bagian masalah, dan kesulitan dalm menyusun kesimpulan berdasarkan data dan fakta yang relevan. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengkaji pelaksanaan metode pembelajaran Team Assisted Individualization melalui media audio visual, 2) untuk mengkaji tentang keterampilan menganalisis siswa setelah penerapan metode pembelajaran Team Assisted Individualization melalui media audio visual, 3) untuk mengkaji tentang peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan metode pembelajaran Team Assisted Individualization melalui media audio visual, 4) untuk mengkaji tentang respon siswa dengan penerapan metode pembelajaran Team Assisted Individualization melalui media audio visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain quasy eksperimen dengan post test control group. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X IPA 1 dan siswa kelas X IPA 2. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes essay, tes pilihan ganda, angket respon siswa dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan nilai statistik uji hipotesis menunjukkan nilai t = 5,628 dengan Sig. 0,000 < 0,05 artinya penerapan metode pembelajaran Team Assisted Individualization melalui media video dapat meningkatkan keterampilan menganalisis. Hasil analisis nilai statistik uji hipotesis menunjukkan nilai t = 8,299 dengan Sig. 0,000< 0,05 artinya penerapan metode pembelajaran Team Assisted Individualization melalui media video dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Team Assisted Individualization melalui media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menganalisis dan hasil belajar siswa di kelas X SMA Negeri 7 Kota Cirebon
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran Team Assisted Individualization, media audio visual, keterampilan menganalisis dan hasil belajar siswa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 08:41 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 02:03 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14574 |
Actions (login required)
View Item |