Urgensi Interaksi Edukatif dan Locus Of Control terhadap minat belajar mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.

May Endang Sudarwati, (2019) Urgensi Interaksi Edukatif dan Locus Of Control terhadap minat belajar mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

May Endang Sudarwati, NIM: 14166210014, Urgensi Interaksi Edukatif dan Locus Of Control terhadap minat belajar mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya mayoritas mahasiswa lulusan dari sekolah umum yang masuk ke IAIN Syekh Nurjati Cirebon perlu meningkatkan minat belajarnya. Dan asumsi sementara peneliti bahwa yang membuat mahasiswa memiliki minat pada program Intensif Bahasa Arab yang awalnya sekedar kewajiban mengikuti pogram intensif bahasa Arab, dengan komunikasi dosen/tutor secara intensif dalam interaksi edukatif yang awalnya komunikasi hanya satu arah, dengan variasi dan inovasi metode dan teknik yang digunakan dosen/tutor dalam proses pembelajaran memunculkan dalam diri mahasiswa persepsi positif. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui kondisi obyektif interaksi edukatif, locus of control, minat belajar mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada progam intensif bhs arab yang berlangsung selama ini. 2). Menguji pengaruh interaksi edukatif dan locus of control terhadap minat belajar mahasiswa pada program intensif bahasa Arab di PPB IAIN Syekh Nurjati Cirebon. 3). Mengetahui apa saja selain interaksi edukatif dan locus of control yang berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa pada program intensif bahasa arab di PPB IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan kuesioner (angket).Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik statistik yaitu analisis regresi linier berganda. Dan populasinya adalah mahasiswa FITK prodi matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Penetapan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1).Kondisi Obyektif interaksi edukatif mahasiswa 43% dalam kategori tinggi, locus of control 45% dalam kategori tinggi, minat belajar 43% dalam kategori tinggi. Hal ini berarti kondisi interaksi edukatif, locus of control dan minat belajar hampir setengahnya berada dalam kategori tinggi 2). Interaksi Edukatif berpengaruh positif dan besarnya 43,42%. Sedangkan locus of control berpengaruh signifikan juga dan besarnya 15,52%. Adapun secara bersama Interaksi Edukatif dan locus of control sangat berpengaruh signifikan terhadap minat belajar mahasiswa pada program intensif bahasa Arab. Hal ini menunjukkan jika faktor locus of control secara parsial pengaruhnya kecil terhadap minat belajar tetapi ketika locus of control disertai faktor interaksi edukatif pengaruhnya besar. Keduanya harus optimal karena mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Dalam mencapai tujuan belajar yang diinginkan dan menjadi lulusan yang mampu bersaing dan siap pakai dlm mengembangkan ilmu keislaman melalui penguasaan bahasa arab. .3). Faktor-faktor selain keduanya yang mempengaruhi minat belajar mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon yaitu tuntutan akademik, hubungan keluarga dan sarana prasarana.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Urgensi, interaksi edukatif dan Locus of Control.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Oct 2024 01:40
Last Modified: 24 Oct 2024 02:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14575

Actions (login required)

View Item View Item