SITI FATIMAH, (2017) Hubungan pembinaan, kepemimpinan kepala sekolah dengan peningkatan kinerja guru PAI di SMA se Kabupaten Subang. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.
Text
Cover, Pengesahan dll.pdf Download (2MB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (206kB) |
|
Text
Bab V.pdf Download (95kB) |
|
Text
Daftar Pustaka & Lampiran.pdf Download (365kB) |
Abstract
SITI FATIMAH, NIM: 14146310016. Dengan judul Tesis ”Hubungan pembinaan, kepemimpinan kepala sekolah dengan peningkatan kinerja guru PAI di SMA se Kabupaten Subang”. Penelitian ini berkaitan pembinaan dan kepemimpinan kepala sekolah yang dapat mengupayakan kinerja guru PAI melalui program pembinaan kemampuan guru. Kinerja guru PAI menjadi acuan dalam perubahan perilaku siswa di sekolah, dimana guru PAI merupakan pemegang kendali dalam proses perubahan sikap di sekolah, maka baik atau buruknya perilaku siswa bergantung kinerja guru PAI. Kepala sekolah hendaknya mampu menciptakan iklim kerja kondusif dan kebersamaan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada guru PAI untuk menyampaikan gagasan, kritik, saran, memfasilitasi, mengembangkan kompetensinya dengan studi dan pengembangan karirnya. Tujuan penelitian untuk mendapatkan pembinaan, kepemimpinan dan hubungannya dengan kinerja guru PAI. Secara khusus, penelitian ini untuk mengetahui kepala sekolah melakukan fungsi pembinaan: pengawasan, bimbingan, teguran, penghargaan, keteladanan, pemberian kesempatan, dan hukuman bagi guru PAI, mengetahui kepala sekolah dalam memimpin: kepribadian, manajerial, supervisi, kewirausahaan, kompetensi sosial, mengetahui derajat kualitas pembinaan dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru PAI, mengetahui dampak yang ditimbulkan dari pembinaan dan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru PAI, mengetahui kesulitan yang dihadapi kepala sekolah dalam pelaksanaan pembinaan dan kepemimpinan sehingga dapat dipikirkan solusi untuk mengatasi permasalahan di SMA Subang. Pembinaan yang dilakukan kepala sekolah memerlukan penetapan sasaran, standar atau tujuan. Pembinaan mengandung makna menguasai, mengendalikan jalannya pendidikan agar tujuan tercapai. Peningkatan kinerja guru PAI berhasil maksimal, maka perlu adanya informasi aktual tentang kondisi pembinaan, kepemimpinan dalam mengelola proses pembelajaran PAI di SMA Subang. Pembinaan, kepemimpinan dalam peningkatan kinerja guru PAI masih kurang dan ada yang sudah baik. Kepemimpinan kepala sekolah mempunyai teknik, gaya dan kompetensi berbeda-beda dalam kepemimpinannya. Metode yang digunakan metode kuantitatif. Berdasarkan atas sifat-sifat masalahnya, penelitian ini merupakan correlational research. Penelitian korelasi “bertujuan mendeteksi seberapa besar variasi-variasi pada suatu faktor berkenaan dengan variasi-variasi pada satu/lebih faktor lain berdasar koefisien korelasi”. Hasil angket pembinaan: perencanaan program, pelaksanaan, monitoring & evaluasi, dan tindak lanjut = 2,19%, kepemimpinan: kompetensi kepribadian = 2,28%, manajerial = 2,37%, kewirausahaan = 2,40%, supervise = 2,40%, sosial = 2,36%. Adapun guru PAI: kompetensi pedagogik = 2,44%, profesional = 2,42%, kepribadian = 2,41%, sosial = 2,12%. Hasil perhitungan korelasi pearson RX1Y=0,621 dan regresi kedua variabel persamaannya: Y=197,029+0,018X1. Nilai positif 0,018 pada koefisien regresi adanya pengaruh pembinaan kepala sekolah terhadap kinerja guru PAI adalah positif, dan kinerja guru PAI 0,018 atau 36%. Korelasi Pearson RX2Y=0,759 dan regresi kedua variabel persamaannya: Y= 158,271+0,211X2. Nilai positif 0,211 koefisien regresi adanya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru PAI positif, dan kinerja guru PAI 0,211 atau 40%. Korelasi Pearson RX1,X2Y= 0,183 dan perhitungan regresi ganda terhadap kinerja guru PAI atas pembinaan, kepemimpinan secara bersama-sama didapatkan arah regresi B = 0,014, dan B = 0,225 serta konstanta a = 139.906. Dengan demikian pengaruhnya persamaan regresi Y = 139,906+0,014X1+0,225X2. Kinerja guru PAI atas pembinaan, kepemimpinan kepala sekolah adalah 0,014/1,4%, dan 0,225 atau sebesar 22,5%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembinaan, kepemimpinan, dan kinerja guru PAI |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 04:17 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 01:46 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14590 |
Actions (login required)
View Item |