IMPLEMENTASI PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) (Studi Kasus di MTs. Sains Al-Hadid Hidayatullah Kota Cirebon)

NURI NUR’AENI, (2018) IMPLEMENTASI PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) (Studi Kasus di MTs. Sains Al-Hadid Hidayatullah Kota Cirebon). Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1. Cover dan Lembar Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2.Bab 1 Tesis.pdf

Download (307kB)
[img] Text
6. Bab 5 Tesis.pdf

Download (58kB)
[img] Text
7. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

NURI NUR’AENI. NIM. 14146310029. Implementasi Pembentukan Karakter Melalui Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) di MTs. Sains Al-Hadid Hidayatullah Kota Cirebon. Berdasarkan observasi awal penelitian ini ditemukan siswa MTs. Sains Al-Hadid Hidayatullah Kota Cirebon sebagian besar belum mampu menerapkan kecerdasan emosional dengan maksimal. Salah satu fakta yang terlihat di lingkungan tersebut adalah rasa empaty sabagai salah satu bentuk kecerdasan emosional (EQ) tidak terlihat secara komperehensif dalam diri siswa. Pada ranah kecerdasan spiritual (SQ), masih terlihat kurang maksimal. Pengembangan karakter melalui kecerdasan spiritual belum sepenuhnya mampu mengubah karakter siswa. Sehingga mengakibatkan sisi karakter yang belum mampu diperlihatkan dengan baik berdasarkan tujuan dari pembangunan karakter di sekolah. Penelitian ini betujuan : 1) Untuk menggambarkan implementasi pembentukan karakter siswa melalui kecerdasan emosional (EQ) di MTs. Sains Al-Hadid Hidayatullah Kota Cirebon. 2) Untuk menjelaskan implementasi pembentukan karakter siswa melalui kecerdasan spiritual (SQ). 3) Untuk mendeskripsikan urgensi implementasi pembentukan karakter siswa melalui kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ). 4) Untuk mendeskripsikan kendala pembentukan karakter siswa melalui implementasi kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ). 5) Untuk mendeskripsikan solusi pembentukan karakter siswa melalui implementasi kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual. Penelitian ini merupakan jenis penelitian penelitian kualitatif. Penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara terbuka terhadap semua responden penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini : 1) Implementasi pembentukan karakter siswa melalui kecerdasan emosional (EQ) yang dikembangkan secara garis besar mengacu kepada konsep kecerdasan emosional yang selama ini dikembangkan oleh para ahli pendidikan yang dipadu dengan konsep penerapan berdasarkan pendidikan Islam yang bersumber dari Al-Qur’an. 2) Implementasi pembentukan karakter siswa melalui kecerdasan spiritual (SQ) mengembangkan pola-pola religius dalam Islam. 3) Urgensi dari implementasi pembentukan karakter siswa melalui kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual adalah pembentukan jiwa secara holistik. 4) Kendala yang dihadapi dalam pembentukan karakter siswa adalah : a) Nilai-nilai karakter yang dikembangkan belum terjabarkan dalam indikator yang representatif, b) Sekolah belum dapat memilih nilai-nilai karakter yang sesuai dengan visinya, c) Pemahaman guru tentang konsep pendidikan karakter yang masih belum menyeluruh, d) Guru belum dapat menjadi teladan atas nilai-nilai karakter yang dipilihnya. 5) Solusi pembentukan karakter siswa adalah dengan menerapkan beberapa hal sebagai berikut: a) Membangun Pilar Karakter, b) Mengatur Peraturan yang Tepat, c) Mendorong Umpan Balik yang Baik, d) Meletakan Dasar Saling Menghormati, e) Membangun Komunitas Peduli, f) Kesukarelawanan, g) Tindakan yang Berkarakter.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Oct 2024 06:43
Last Modified: 24 Oct 2024 01:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14596

Actions (login required)

View Item View Item