Implementasi Pemikiran K.H Abdul Halim terhadap Pendidikan Agama dan Motivasi Beragama (Studi Kasus di Pondok Mufidah Santi Asromo Kabupaten Majalengka)

ABDUL JALIL, (2018) Implementasi Pemikiran K.H Abdul Halim terhadap Pendidikan Agama dan Motivasi Beragama (Studi Kasus di Pondok Mufidah Santi Asromo Kabupaten Majalengka). Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (139kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABDUL JALIL: Implementasi Pemikiran K.H Abdul Halim terhadap Pendidikan Agama dan Motivasi Beragama (Studi Kasus di Pondok Mufidah Santi Asromo Kabupaten Majalengka). Tesis, Cirebon: Pascasarjana Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2018. KH. Abdul Halim adalah ulama besar dan seorang tokoh pahlawan nasional yang berasal dari kabupaten Majalangka, Propinsi Jawa Barat. Beliau hidup sejaman dengan pendiri NU, yaitu KH. Hasyim Asy’ari dan pendiri Muhammadiyah, yaitu KH. Ahmad Dahlan. Pada garis besarnya, pokok-pokok pikiran KH. Abdul Halim bersumber dari penafsirannya tentang konsep al-Salam dan konsep santri lucu (santri yang terampil). Menurut pemahamannya, agama Islam memuat ajaran-ajaran yang bertujuan untuk membimbing manusia agar mereka dapat hidup selamat di dunia, dan memperoleh kesejahteraan hidup di akhirat. Penelitian ini difokuskan di Pondok Mufidah Santi Asromo, hal ini bertujuan untuk mengimplementasikan pemikiran KH.Abdul Halim terhadap pendidikan agama, motivasi beragama dan menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan motivasi beragama di Pondok Mufidah Santi Asromo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian kualitatif fenomenologi. Lokasi penelitian di Pondok Mufidah Santi Asromo desa Pasirayu, kecamatan Sindang, kabupaten Majalengka. Data yang yang diperoleh berupa hasil wawancara dan dokumen tertulis dan dokumentasi foto selama melakukan penelitian. Implementasi pemikiran KH. Abdul Halim terhadap pendidikan agama di Pondok Mufidah Santi Asromo melalui organisasi yang telah melakukan langkah�langkah cerdas serta memiliki relevansi dengan kondisi di jaman sekarang bahkan ada yang menjadi program pemerintah. Implementasi pemikiran KH. Abdul Halim terhadap motivasi beragama di Pondok Mufidah Santi Asromo berangkat dari cara pandang terhadap kehidupan sebagai ibadah, maka para Santri di Pondok Mufidah Santi Asromo dilatih untuk senantiasa tulus dan ikhlas dalam menjalankan semua aspek kehidupan. Faktor-faktor motivasi beragama di Pondok Mufidah Santi Asromo dipengaruhi oleh beberapa faktor: Pertama, kurikulum di Pondok Mufidah Santi Asromo. Kedua, pelaksanaan pembelajaran pengajian para santri dilakukan dengan cara tes baca tulis Al-Qur’an. Pelaksanaan pembelajaran ektrakurikuler dilaksanakan sebagai usaha pelatihan kepemimpinan dan motivasi dalam membentuk rasa tanggung jawab santriwan dan santriwati.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Oct 2024 06:53
Last Modified: 24 Oct 2024 01:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14597

Actions (login required)

View Item View Item