NURLAELAH, (2018) Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Materi Meneladani Rasulullah Untuk Memotivasi Belajar Dan Mendisiplinkan Siswa di SMAN 1 Maja Kabupaten Majalengka. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (381kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (89kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
Abstract
NURLAELAH: “Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Materi Meneladani Rasulullah Untuk Memotivasi Belajar Dan Mendisiplinkan Siswa di SMAN 1 Maja Kabupaten Majalengka” Menjadikan suasana kelas yang menyenangkan dalam proses belajar mengajar merupakan suatu hal yang harus difikirkan oleh guru, karenanya guru dituntut untuk menyadari bahwa betapa penting penerapan model-model pembelajaran, dengan penerapan model pembelajaran yang bervariasi maka dapat menciptakan suasana belajar yang efektif dan menyenangkan sehingga akan mempengaruhi terhadap mata pelajaran yang nantinya dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, guru hanya sebagai fasilitator bukan sebagai sumber informasi. Sebagai fasilitator, pendidik harus dapat membangun motivasi peserta didik agar tertarik dengan materi, membagi peserta didik dalam kelompok kerja, dan membantunya untuk menjadi pembelajar mandiri. Masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan model problem based learning materi meneladani perjuangan Rasulullah SAW di Madinah di kelas X SMA Negeri 1 Maja Kabupaten Majalengka? Bagaimana materi meneladani perjuangan Rasulullah SAW di Madinah dengan melalui model problem based learning yang dapat memotivasi belajar dan mendisiplinkan siswa kelas X SMA Negeri 1 Maja Kabupaten Majalengka? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model problem based learning materi meneladani perjuangan Rasulullah SAW di Madinah di kelas X SMA Negeri 1 Maja Kabupaten Majalengka, dan untuk mengetahui materi meneladani perjuangan Rasulullah SAW di Madinah dengan melalui model problem based learning yang dapat memotivasi belajar dan mendisiplinkan siswa kelas X SMA Negeri 1 Maja Kabupaten Majalengka. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif atau kombinasi keduanya dalam menangani sosiologi hukum memualai dengan pertanyaan-pertanyaan. Ada juga peneliti yang telah menggunakan metode�metode wacana analitik dalam mempelajari teks-teks pembelajaran, atau dilakukan dengan wawancara yang lebih mendalam dengan guru atau menghabiskan waktu sebagai peneliti lapangan. Hasil penelitian ini menyimpulkan,bahwa memberikan dorongan kepada peserta didik untuk belajar dengan cara memberikan perhatian maksimal kepada peserta didik, selain itu guru membuat siswa tertarik dengan materi yang disampaikan dengan menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan mudah dimengerti siswa yaitu dengan metode problem based learning guru menyiapkan pembelajaran dari mulai proses awal sampai ahir dan memberikan motivasi kepada siswa sehingga siswa dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan Problem Based Learning dapat diselesaikan. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Motivasi, dan Disiplin
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, Motivasi, dan Disiplin |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 07:47 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 02:23 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14603 |
Actions (login required)
View Item |