Efektivitas Penerapan Metode Karyawisata Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas V MI Miftahul Falah Mandala Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon.

MIIN SUGIYANTO, (2018) Efektivitas Penerapan Metode Karyawisata Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas V MI Miftahul Falah Mandala Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2.BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
6.BAB V.pdf

Download (127kB)
[img] Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)

Abstract

Miin Sugiyanto Efektivitas Penerapan Metode Karyawisata Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas V MI Miftahul Falah Mandala Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode pembelajaran karyawisata terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada kompetensi ”Berakhlak di Tempat Ibadah (masjid) dan Tempat Umum” dalam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V MI Miftahul Falah Mandala Kecamatan Dukupuntang kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang merupakan salah satu jenis penelitian kuantitatif yang sangat kuat mengukur hubungan sebab akibat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa observasi tinjauan langsung, interview, penyebran angket, dokumentasi serta instrumen pengukuran hasil belajar siswa berupa tes yaitu Pre Tes dan pos Tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada efektivitas yang signifikan hasil belajar Akidah Akhlak antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan t-test skor peningkatan hasil belajar pada taraf signifikansi 5% (tingkat kepercayaan 95%) diperoleh thitung = 3,79 Nilai thitung selanjutnya dibandingkan dengan nilai ttabel. Nilai thitung = 3,79 > ttabel = 1,68 sehingga dapat disimpulkan bahwa perbedaan yang ada adalah signifikan karena thitung > ttabel. Kelas eksperimen memperoleh skor peningkatan hasil belajar lebih baik dibandingkan kelas kontrol yaitu rata-rata skor peningkatan hasil belajar kelas eksperimen 82,17 dan kelas kontrol 64,35. Kemudian berdasarkan hasil analisis menggunakan uji t menunjukkan hasil t-test pada taraf signifikansi 5% (tingkat kepercayaan 95%) diperoleh thitung = 4,33 untuk skor motivasi belajar siswa nilai thitung selanjutnya dibandingkan dengan nilai ttabel. Nilai thitung = 4,33 > ttabel = 1,684 sehingga dapat dinyatakan bahwa perbedaan yang ada adalah signifikan karena thitung > ttabel. Dengan ketentuan t hitung > t tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Temyata t hitung lebih besar dari t tabel (4,33 > 1,684 ) maka Ha diterima. Dengan demikian maka terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol yaitu pada pembelajaran Aqidah Akhlak kompetensi berkhlak di tempat ibadah (masjid) dan di tempat umum motivasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan motivasi belajar kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak sebaiknya menggunakan metode yang variatif salah satunya yaitu metode karyawisata tidak hanya ceramah belaka karena metode pembelajaran yang tidak variatif membuat proses belajar mengajar menjadi monoton sehingga siswa merasa bosan dan tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Hal ini sangat berpengaruh pada motivasi dan hasil belajar siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Nov 2024 03:33
Last Modified: 05 Nov 2024 03:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14683

Actions (login required)

View Item View Item