Pengaruh Metode Diskusi Dan Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMPN 6 Kuningan

MOH. YAYAT SUPRIATNA, (2018) Pengaruh Metode Diskusi Dan Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMPN 6 Kuningan. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
6.BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (61kB)

Abstract

MOH. YAYAT SUPRIATNA: “Pengaruh Metode Diskusi Dan Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMPN 6 Kuningan” Guru juga mempunyai peran dan tanggung jawab yang sangat penting, mengingat sebagian besar waktu dalam kehidupan siswa di sekolah adalah bersama guru, sehingga guru sebagai tenaga pendidik bukan hanya menyampaikan materi pelajaran kepada siswa saja, tetapi juga bertanggung jawab dalam membentuk kepribadian seorang siswa agar menjadi manusia yang cerdas, terampil, dan bermoral tinggi yang pada akhirnya siswa tersebut memiliki kepribadian yang utama. Guru yang mempunyai kompetensi profesional tidak hanya dituntut untuk menguasai bidang ilmu, bahan ajar, metode pembelajaran, memotivasi peserta didik, memiliki keterampilan yang tinggi dan wawasan yang luas terhadap dunia pendidikan. Masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh mtode diskusi terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kuningan? Bagaimana pengaruh kopetensi guru terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kuningan? Bagaimana pengaruh Metode Diskusi dan kopetensi guru terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kuningan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode diskusi terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kuningan. Untuk mengetahui pengaruh kopetensi guru terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kuningan. Untuk mengetahui pengaruh metode diskusi dan kopetensi guru terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kuningan. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kuantitatif digunakan untuk meneliti pada populasi atau sample tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random dan mengumpulkan data dengan menggunakan instrumen penelitian analisis data. Hasil penelitian ini menyimpulkan,bahwa Pelaksanaan metode diskusi di SMPN 6 Kuningan tergolong baik. Hal ini ditunjukan dari nilai jawaban responden dengan rata-rata sebesar 42,15 dari nilai terbesar adalah 40. Kompetensi guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kuningan juga tergolong baik dengan rata-rata sebesar 42,10 dan prestasi siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kuningan tergolong cukup dengan rata-rata sebesar 35,80. Kompetensi guru berpengaruh dan berkontribusi lebih besar dibanding dengan Model PAI, yang ditunjukkan dengan angka sebesar 0,567, sedangkan model PAI diperoleh nilai 0,371 atau. Demikian juga jika dilihat pengaruh secara bersama-sama mencapai 0,621.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Nov 2024 04:03
Last Modified: 05 Nov 2024 04:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14685

Actions (login required)

View Item View Item