Efektivitas Metode Sorogan dan Bandongan dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Assalafiyyah Bodelor

Ade Fathurrohman Firdaus, (2024) Efektivitas Metode Sorogan dan Bandongan dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Assalafiyyah Bodelor. Masters thesis, UIN Siber Syekh Nurjati.

[img] Text
COVER (COVER S.D DAFTAR ISI).pdf

Download (601kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum terintegralnya pemahaman nahwu dan shorof dengan kosa kata bahasa arab denga baik. Idealnya santri yang sudah memahami nahwu dan shorof dengan baik maka dia akan lancar dalam membaca kitab kuning. Namun peneliti menemukan menurunya nilai kemampuan membaca kitab kuning pada tahun ajaran 2021/2022 dan 2022/2023 di pondok pesantren Assalafiyyah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu menganalisis peningkatan kemampuan santri dalam membaca kitab kuning yang menggunakan metode sorogan di Pondok Pesantren Assalafiyyah Bodelor, menganalisis terdapat peningkatan kemampuan santri dalam membaca kitab kuning yang menggunakan metode bandongan di Pondok Pesantren Assalafiyyah Bodelor dan mengidentifikasi dan mengevaluasi perbedaan yang signifikan antara metode sorogan dan bandongan dalam meningkatkan membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Assalafiyyah Bodelor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen dimana peneliti membagi dua kelas yakni kelas kontrol dengan menggunakan metode bandongan dan kelas eksperimen dengan menggunakan metode sorogan. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan tes, dokumentasi dan observasi. Kemudian dalam pengolahan datanya peneliti menggunakan uji data statistic dengan SPSS 21. Penelitian ini menemukan bahwa (1) metode sorogan efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Assalafiyyah Bodelor. Nilai rata-rata pre-test santri sebesar 76,30 meningkat menjadi 82,30 pada post-test (2) Metode bandongan terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar santri, dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 75,30 dan post-test 77,47. (3) Penelitian menunjukkan bahwa metode sorogan dan bandongan memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan membaca kitab kuning santri. Nilai rata-rata pre-test dan post-test santri meningkat untuk kedua metode, tetapi metode sorogan menunjukkan peningkatan lebih besar (dari 76,30 ke 82,30) dibandingkan dengan metode bandongan (dari 75,30 ke 77,47). Kesimpulan dari hasil penelitian di atas bahwa hasil uji T menunjukan hasil signifikansi 0,000 <0,05, artinya bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan terkait hasil pembelajaran yang menggunakan metode sorogan dan bandongan. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci : Sorogan, Bandongan, Kitab Kuning

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sorogan ; Bandongan ; Kitab Kuning
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Jan 2025 08:31
Last Modified: 15 Jan 2025 08:31
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14709

Actions (login required)

View Item View Item