Rizka Aulia, (2024) Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Self Efficacy Guru Tehadap Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mekanika Buntet Pesantren Kabupaten Cirebon. Masters thesis, UIN Siber Syekh Nurjati.
Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (90kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (66kB) |
|
Text
DAPUS.pdf Download (213kB) |
Abstract
Seiring pergantian kurikulum secara terus menerus menyebabkan tenaga pendidik ikut mengeluh mengenai perubahan tersebut, baik dalam hal sistem penilaian maupun dibidang administrasi lainnya, sehingga self-efficacy guru ikut mengalami kesulitan. Disamping hal tersebut kompetensi pedagogik juga memiliki peranan penting dalam suksesnya implementasi kurikulum merdeka di SMK Mekanika Buntet Pesantren Kabupaten Cirebon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai pengaruh antara kompetensi pedagogik dan self-efficacy guru terhadap implementasi kurikulum Merdeka di SMK Mekanika Buntet Pesantren Kabupaten Cirebon. Pada penelitian ini penulis mengambil grand teori mengenai aspek-aspek kompetensi pedagogik guru pada permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Self-efficacy yang diperkenalkan pertama kali oleh Bandura pada bidang ilmu psikolog, kemudian aspek-aspek Self-efficacy seorang pendidik oleh Skaalvik yang menjadi dasar grand teori, serta untuk implementasi kurikulum merdeka penulis menggunakan tujuh komponen penting kurikulum Merdeka oleh Ramadan & Imam Tabroni. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif, didasarkan pada angka sehingga diperoleh signifikasi hubungan antar variabel. Penelitian ini menggunakan populasi guru sebanyak 46 orang dan siswa sebanyak 466, dengan sampel yang diambil sebanyak 46 guru dan siswa sebanyak 10% (disesuakan dengan pendapat Suharsimi Arikunto jika lebih dari 100 orang, maka diambil sebanyak 10-30 %) dari seluruh jumlah siswa, yaitu 46 orang dari kelas/ jurusan yang berbeda. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara melalui teknik observasi, dokumentasi serta angket yaitu untuk guru menggunakan google form dan siswa menggunakan kertas kuisioner. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis didapatkan bahwasannya (1) nilai Sig. variabel X¹ sebesar 0,015, berkesimpulan variabel kompetensi pedagogik berpengaruh secara signifikan terhadap variabel implementasi kurikulum merdeka. (2) nilai Sig. variabel X² sebesar 0,424, berkesimpulan variabel self-efficacy guru tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel impelemtasi kurikulum merdeka. (3) berdasarkan koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,134. Artinya ada pengaruh antara variable self-efficacy guru dan kompetensi pedagogik terhadap kinerja sebesar 13,4% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian. (4) hasil uji simultan diketahui nilai sig. sebesar 0,045, dapat disimpulkan bahwasannya variable independent (Implementasi Kurikulum Merdeka) berpengaruh signifikan secara simultan (bersamaan) terhadap variabel dependen (Kompetensi Pedagogik dan Self Efficacy guru). Hal ini membuktikan bahwasannya penerapan implementasi kurikulum merdeka di SMK Mekanika Buntet Pesantren berjalan dengan baik, walupun pada prakteknya masih terdapat beberapa masalah, yang dipengaruhi oleh faktor selain dari variabel dependen. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Self Efficacy guru dan Implementasi Kurikulum Merdeka
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik ; Self Efficacy guru dan Implementasi Kurikulum Merdeka |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 03:39 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 03:40 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14713 |
Actions (login required)
View Item |