Haidar Fikri Khairunnida Ashidiqie, (2024) Strategi Pembelajaran Guru Pengajar Akidah Akhlak Dalam Peningkatan Akhlakul Karimah Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah KMI Desa Tanjungsari Kabupaten Majalengka. Masters thesis, UIN Siber Syekh Nurjati.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (842kB) |
![]() |
Text
2. BAB I.pdf Download (703kB) |
![]() |
Text
6. BAB V.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (552kB) |
Abstract
Pendidikan bagi manusia adalah suatu sistem dan cara untuk meningkatkan kehidupan manusia dalam berbagai aspek. Ini tidak hanya untuk pengembangan dan peningkatan kehidupan manusia, tetapi juga untuk pengembangan seluruh masyarakat. Pendidikan Islam adalah suatu sistem yang mengajarkan dan mengajarkan Islam melalui berbagai ajaran, bertujuan untuk mendidik dan membimbing anak agar memahami, menghayati, dan menerapkan ajaran Islam. Ini adalah cara bagi manusia untuk dapat menunaikan tugasnya dan menunaikan tugasnya sesuai dengan ajaran Allah. Pendidikan Islam adalah suatu cara bagi manusia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilannya, sehingga mampu menunaikan tugas dan kewajibannya sesuai dengan ajaran Islam. Pendidikan ini didasarkan pada keyakinan bahwa ajaran Allah adalah tujuan akhir kehidupan manusia, dan bahwa itu adalah sarana terakhir untuk mencapai tujuan ini Tujuan penelitian: (1) Mengetahui strategi pembelajaran Akidah Akhlak di MI KMI Tanjungsari, (2) Mendeskripsikan Akhlak peserta didik di MI KMI Tanjungsari, dan (3) Menganalisis dampak strategi pembelajaran guru akidah akhlak dalam meningktakan akhlak peserta didik di MI KMI Tanjungsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi sosial, data yang dikumpulkan berasal dari kajian pustaka dan dokumentasi wawancara, serta penelitian yang dilakukan dengan terjun secara langsung ke lapangan untuk memperoleh hasil pengembangan strategi pembelajaran guru pengajar akidah akhlak dalam peningkatan akhlakul karimah peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah KMI Tanjungsari. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Strategi pembelajaran akhlak lebih menekankan kepada kegiatan di kelas dan luar kelas dengan menyesuaikan jenjang setiap kelas seperti strategi shalat berjamaah waktu duha dan dzuhur serta kegiatan bermalam di sekolah menjadi strategi penting dalam peningkatan akhlak siswa . (2) Gambaran Akhlak peserta didik dapat dilihat dari perkembangan dengan segala aktifitas dan motode pembelajaran guru di kelas maupun diluar kelas seperti halnya kegiatan pada waktu pembalajaran berlangsung didalam kelas bersama wali kelas memiliki corak tersendiri dari setiap tingkah laku peserta didik dari mereka yang dapat membaca, menulis dan proses pembelajaran lainnya dapat tergambarkan ditambah lagi dengan kegiatan di luar kelas seperti shalat berjama’ah, mabit dan kegiatan ekstra lainnya dapat memberikan gambaran yang lebih beragam lagi terutama dalam segi tingkah laku dan sikap.(3) Dampak dari proses strategi pembelajaran akhlak sikap atau nilai yang dimiliki peserta didik dapat muncul dan berkembang dengan model dan metode khusus untuk peningkatan mental atau akhlak peserta didik seperti kejujuran, tanggung jawab, kepemimpinan dan nilai-nilai akhlakul karimah lainnya yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Pendidikan Islam ; Mengajarkan, Manusia
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam ; Mengajarkan, Manusia |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 02:44 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 02:44 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14884 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |