Pengaruh Mobile Banking Dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Produk Terhadap Minat Generasi Z Pada Bank Muamalat KCP Sumber

Hilda Aenutaqiah, (2024) Pengaruh Mobile Banking Dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Produk Terhadap Minat Generasi Z Pada Bank Muamalat KCP Sumber. Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah UIN SSC.

[img] Text
2008203050_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008203050_2_bab1.pdf

Download (394kB)
[img] Text
2008203050_6_bab5.pdf

Download (127kB)
[img] Text
2008203050_7_dafpus.pdf

Download (294kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mobile banking terhadap minat generasi Z, pengaruh media sosial terhadap minat generasi Z, serta pengaruh penggunaan mobile banking dan media sosial secara simultan atau bersama-sama terhadap minat generasi Z di Bank Muamalat KCP Sumber. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi Z yang menjadi nasabah Bank Muamalat KCP Sumber dari tahun 2017 hingga 2023 dengan total 7.500 nasabah. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden, yang ditentukan menggunakan rumus Slovin, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan skala Likert untuk pengukuran, dan data dianalisis menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mobile banking memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat generasi Z pada Bank Muamalat KCP Sumber, dengan nilai t hitung (3,624) lebih besar dari t tabel (1,66071) dan tingkat signifikansi 0,001 yang lebih kecil dari 0,05. Media sosial juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat generasi Z di Bank Muamalat KCP Sumber, dengan nilai t hitung (6,746) lebih besar dari t tabel (1,66071) dan tingkat signifikansi 0,001 yang lebih kecil dari 0,05. Secara bersama-sama, mobile banking dan media sosial berpengaruh signifikan terhadap minat generasi Z dengan kontribusi sebesar 71,4%, sedangkan sisanya sebesar 28,6% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Mobile Banking, Sosial Media Marketing, Minat Generasi Z

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 04 Mar 2025 02:44
Last Modified: 04 Mar 2025 02:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14916

Actions (login required)

View Item View Item