Silva Wiyani, (2024) Pengaruh Kemudahan Dan Kemanfaatan Terhadap Minat Menggunakan Digital Banking Dengan Sikap Sebagai Varaibel Intervening Pada Gen Z Di Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108203030_1_cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2108203030_2_bab1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108203030_6_bab5.pdf Download (410kB) |
![]() |
Text
2108203030_7_dafpus.pdf Download (735kB) |
Abstract
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak pada perubahan pola hidup dan sistem pembayaran transaksi ekonomi di dalam masyarakat. Perkembangan teknologi yang dinamis memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kehidupan manusia. Di dunia perbankan salah satu perkembangan teknologi yang mengubah cara bertransaksi yaitu munculnya instrument pembayaran yang dikenal dengan digital banking. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan dan kemanfaatan terhadap minat menggunakan digital banking dengan sikap sebagai variabel intervening pada Gen Z di Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan accidental sumpling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data mengunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan bantuan SmartPLS 4 untuk bisa memecahkan rumusan masalah dan hipotesis yang telah dirumuskan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan berpengaruh signifikan terhadap sikap menggunakan digital banking, dengan nilai P-Value 0.019 < 0.05 dan T-Value 2.337 > 1.96. Kemanfaatan berpengaruh signifikan terhadap sikap menggunakan digital banking, dengan nilai P-Value 0.000 < 0.05 dan T-Value 6.044 > 1.96. Kemudahan berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan digital banking, dengan nilai P-Value 0.046 < 0.05 dan T-Value 1.995 > 1.96. Kemanfaatan berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan digital banking, dengan nilai P-Value 0.044 < 0.05 dan T-Value 2.019 > 1.96. Sikap berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan digital banking, dengan nilai P-Value 0.000 < 0.05 dan T-Value 5.572 > 1.96. Sikap berpengaruh signifikan sebagai variabel intervening antara kemudahan dan minat menggunkan digital banking, dengan nilai P-Value 0.042 < 0.05 dan T-Value 2.033 > 1.96. Dan Sikap juga berpengaruh signifikan sebagai variabel intervening antara kemudahan dan minat menggunkan digital banking, dengan nilai P-Value 0.000 < 0.05 dan T-Value 4.172 > 1.96. Kata Kunci : Kemudahan, Kemanfaatan, Sikap, Minat, Digital Banking
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 01:59 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 01:59 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14943 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |