Intan Nurlina Hasyati, (2025) Efektivitas Mobile Banking Dalam Meningkatkankualitas Layanan Nasabah Di Bank BJB Syariah Kc Jakarta Soepomo. Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108203142_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108203142_2_bab1.pdf Download (465kB) |
![]() |
Text
2108203142_6_bab5.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
2108203142_7_dafpus.pdf Download (388kB) |
Abstract
Bank sebagai lembaga keuangan yang bergerak pada bidang perbankan adalah lembaga keuangan yang banyak digunakan oleh masyarakat. Oleh karna itu jasa perbankan menawarkan begitu banyak layanan dan kemudahan bagi para nasabahnya. Salah satunya yaitu menawarkan layanan mobile banking yang membantu para nasabah untuk melakukan berbagai transaksi secara online. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem mobile banking dalam meningkatkan kualitas layanan nasabah di Bank BJB Syariah KC Jakarta Soepomo dengan rasio indikator yang meliputi pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, pencapaian tujuan dan perubahan nyata. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif melalui pengumpulan data primer dan data sekunder Data primer diperoleh observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui literatur yang relevan dengan fokus penelitian. Dalam menganalisis data menggunakan teknik analisis data. Teknik analisa data menggunakan pengukuran efektivitas dengan lima indikator yaitu pemahaman produk, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan dan perubahan nyata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem mobile banking di Bank BJB Syariah KC Jakarta Soepomo memberikan kemudahan, keamanan, dan kenyamanan melalui fitur-fitur yang ada di aplikasi mobile maslahah dan nasabah dapat membuka rekening secara online melalui m-banking (DOB) tanpa harus kebank dan mendukung fitur biometric yang memberikan akses lebih aman dan nyaman an fitur lainnya. Dan untuk pengoptimalan sistem Bank BJB Syariah memiliki beberapa divisi, selain untuk membantu masalah yang ada pada layanan bank terdapat divisi IT yang bertugas dalam pengembangan sistem agar sistem layanan bank selalu terupdate.Dalam hasil perhitungan efektivitas menunjukkan bahwa penerapan sistem mobile banking dalam meningkatkan kualitas layanan nasabah dinyatakan sangat efektif dengan perolehan rasio sebesar 90%. Kata Kunci: Efektivitas, Mobile Banking, Kualitas Layanan Nasabah
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 02:41 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 02:41 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14972 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |